Tingkatkan Mutu Produk, Dinkes BS Monitoring IRTP

MONITORING: petugas dinas kesehatan aaat monitoring produk IRTP baru baru ini.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Dalam rangka meningkatkan mutu produk Industri rumah tangga pangan (IRTP), dinas kesehatan menggelar monitoring terhadap produk olahan rumah tangga di Bengkulu Selatan (BS). Hal itu dimaksudkan agar produk IRTP layak konsumsi dengan memenuhi standar kesehatan.

“Kami melalukan monitoring terhadap produk IRTP, untuk.memastikan produk olahan IRTP layak konsumsi,” kata Kepala Dinas Kesehatan BS, Siswanto SSos MSi melalui Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, Harmani SST MKes.

Dikatakan Harmani, kegiaatan monitoring dan evaluasi IRTP tersebut, bertujuan untuk meningkatkan efektifitas sistem IRTP dan juga meningkatkan keamanan dan mutu produk IRTP yang beredar di BS l, sehingga dapat bersaing di pasar domestic maupun internasional. Dalam kesempatan tersebut, Harmani juga mengaku pihaknya mengedukasi pelaku usaha khusus tentang keamanan pangan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan pemilik IRTP agar senantiasa melakukan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) serta memenuhi standar kesehatan.

“Kami juga memberikan pembinaan kepada pemilik IRTP agar produk olahan yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus san bisa bersaing dengan produk sejenis lainnya,” beber Harmani.

Ditambahkan Harmani, dari beberapa produksi olahan rumah tangga yang dipantau, kemudian diambil sampelnya. Lalu dilakukan pengumpulan produk. Setelah itu jadikan sampel pemeriksaan uji laboratorium. Hasil uji laboratorium tersebut, akan diserahkan ke pada masing masing peserta yang merupakan pemilik IRTP di BS.

“Kami selalu mengimbau kepada pemilik usaha IRTP di BS agar produk olahan mereka selalu memperhatikan keamanan dan standar kesehatan,” demikian Harmani. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*