Tingkatkan Mutu Pendidikan Gelar Pelatihan

PELATIHAN: Para operator sekolah saat mengikuti pelatihan AN di aula K-Hotel Kepala Pasar Bintuhan, Senin (6/9).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu menggelar pendidikan dan pelatihan Tenaga Teknis Asesmen Nasional (AN) tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat di Kabupaten Kaur, Senin (6/9). Pendidikan pelatihan itu bertujuan agar kedepannya operator sekolah terutama SD dan sederajat dapat mengirimkan data akurat ke server Kemendiknas terkait dengan asesmen nasional di tingkat sekolah maisng-masing.

“Kami harap para peserta ini benar benar memahami terkait dengan teknis AN ini pelajari betul pelatihan yang diberikan,” kata Kepala Dispendik Kaur Endy Yurizal, SP, saat membuka pelatihan di aula K-Hotel Kepala Pasar Bintuhan, Senin (6/9).

Dikatakan Endy, para peserta sendiri merupakan operator sekolah, dimana dalam AN nanti pihak skeolah diwajibkan melaporkan kinerja dan capaian para tenaga pendidik diserver yang telah disediakan kementerian. Selain itu juga diwajibkan melaporkan perkembangan siswa masing masing sekolah.

“Untuk siswa laporannya wajib disampaikan untuk klas V dan IV, sedangkan guru operator juga diwajibkan melaporkan perkembangan setiap guru,” imbuhnya.

Ditambahkannya, laporan tenaga teknis AN ini merupakan indikator penilaian untuk sekolah itu sendiri, mulai dari perkembangan soeanya sampai dengan kinerja dari guru itu sendiri. Dengan pelwtihan yang diberikan oleh Diknas Porvinsi Bengkulu diharapkan nantinya tak ada sekolah yang mengalami kesulitan menyampaikan laporan.

“Laporan ini sistem online, namun juga wajib dilampirkan bukti bukti pendukung, misalnya scanner sertifikat, rapor siswa, atau juga absen guru hingga kebutuhan lain yang wajib dikirimkan,” tandasnya. (618)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*