Tingkatkan Minat Baca

ERICK/Bengkulu Ekspress MEMBACA : Para siswa/siswi salah satu SD di Kabupaten Lebong yang sedang asyik mencari buku untuk dibaca dari mobil perpustakaan keliling.

LEBONG, Bengkulu Ekspress– Meski hanya memiliki 1 unit mobil perpustakaan keliling, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lebong terus mengajak masyarakat untuk meningkatkan minat baca. Salah satu upaya yang dilakukan dengan terus mengunjungi sekolah dan masyarkat untuk membaca. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lebong, Drs Achmad Ghozali mengatakan, bahwa memiliki 1 unit mobil perpustakaan keliling bukan dijadikan sebagai suatu penghalang pihaknya untuk terus mengajak masyarakat Lebong untuk minat membaca.

“Kita terus berupaya bagaimana masyarakat mau membaca,” jelasnya, kemarin (24/03).

Salah satu upaya yang terus dilakukan oleh pihaknya, yaitu pada pagi hari petugas mendatangi sekolah (SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat). Selanjutnya pada siang hari, petugas berkeliling dengan mendatangi warga setempat.
“Kita ajak mereka untuk membaca buku yang telah kita sediakan,” ujarnya. Didalam mobil perpustakaan keliling, berbagai macam buku telah disediakan. Mulai dari masalah pertanian, ternak, cerita anak, buku pelajaran serta buku ilmu pengetahuan lainnya.



“Jadi baik siswa atau masyarakat tinggal memilih mau membaca buku apa,” ucapnya.

Ditambahkan Achmad, memang saat ini masyarakat telah banyak beralih untuk mencari informasi melalui media sosial. Namun dalam media sosial tersbut tidak selamanya apa yang dicarai bisa lengkap seprti apa yang ada didalam buku. Sehingga buku dapat manjadi refrensi tambahan untuk mencari ilmu. “Jadi adanya Perpustakan itu sangatlah penting, walaupun saat ini sudah di zaman teknologi,” tutup Achmad Ghozali.(614)