Tingkatkan Minat Baca Pelajar Melalui Program Kunjungan Ke Perpusda

Hj Sri Gusti Sabana SH
Hj Sri Gusti Sabana SH

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Dalam rangka meningkatkan minat baca pelajar dan juga bertepatan dengan bulan kunjungan ke perpustakaan, bulan Mei mendatang, dinas perpustakaan mem buat program kunjungan ke perpustakaan. Program ini sudah disampaikan ke masing-masing Musyawah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (MKKS) mulai dari tingkat TK/PAUD hingga SMA sederajat se Bengkulu Selatan.

“ Hari berkunjung ke perpustakaan sudah kami programkan mulai dari tingkat PAUD/TK hingga SMA sederajat,” kata Kepala Dinas perpustakaan dan Arsip Bengkulu Selatan, Hj Sri Gusti Sabana SH.

Sri Gusti mengatakan, pada Mei 2018, jadwal kegiatan hari berkunjung ke perpustakaan yakni untuk tingkat TK/PAUD pada minggu pertama Mei tanggal 2-5. Lalu Minggu ke-3 khusus kunjungan siswa SMA sederajat yakni pada 14 sampai 9 Mei. Lalu minggu ke-4 pada 21 – 26 Mei jadwal kunjungan murid SD/MI. Setelah itu minggu ke-5 pada 28-31 Mei jadwal kunjungan siswa SMP sederajat.

“ Dengan adanya program ini, kami berharap ke depan minat baca para generasi muda Bengkulu Selatan mulai dari TK/PAUD hingga SMA sederajat semakin tumbuh,” ujarnya.

Sri Gusti menambahkan, saat kunjungan pelajar ke perpustakaan sangat beragam diantara , kegiatan yang akan digelar saat murid TK/PAUD berkunjung ke perpustakaan yakni kegiatan latihan mewarnai, kegiatan menyusun Puzzle, kegiatan mendengarkan dongeng. Adapun untuk murid SD/MI yakni kegiatan latihan bercerita, kegiatan mencipta puisi dan pantun serta kegiatan tari adat dan tari kreasi. Lalu kegiatan saat kunjungan pelajar SMP sederajat yakni kegiatan pelatihan TIK, kegiatan latihan tari adat dan tari kreasi, kegiatan latihan seni vocal dan kegiatan latihan cipta puisi juga kegiatan story telling. Sedangkan kegiatan saat kunjungan pelajar SMA sederajat yakni kegiatan bedah buku, kegiatan bimbingan penyusunan karya tulis ilmiah, kegiatan muatan lokal seperti latihan memasak, merangkai bunga dan sebagainya, juga kegiatan pelatihan TIK.

“ Mudah-mudahan dengan program ini, ke depan para pelajar Bengkulu Selatan semakin cerdas dan mereka semakin suka membaca,” harap Sri Gusti. (369)