Tingkatkan Kualitas Kesehatan, Walikota Bengkulu MoU Dengan BPJS Kesehatan

Pemkot_BPJS

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat di Kota Bengkulu, hari ini, (13/07/2016, Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan, SE didampingi Kadis Kesehatan Kota Bengkulu, Herwan Antoni, Sekretaris Daerah, Marjon dan Kadiskes Propinsi, Amin Kurnia, menandatangani perjanjian kerjasama (MoU), antara pemerintah kota dengan pihak BPJS Kesehatan Kota Bengkulu.

Menurut Walikota Bengkulu, H Helmi Hasan, kerjasama ini sebagai upaya pemerintah kota dalam meningkatkan mutu, kualitas dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Bengkulu.

“Kegiatan ini, mendukung program 8 tekad Bengkuluku sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kota Bengkulu,”ujar Walikota.

Dijelaskannya, MoU ini juga mendukung program dari pemerintah pusat dalam membangun dunia kesehatan menjadi lebih baik yang sudah menjadi amanah dari UUD 1945.

Sementara itu, Merianto selaku kepala cabang BPJS kesehatan Kota Bengkulu dalam sambutannya mengatakan, bahwa melalui penandatangan MoU tersebut pihaknya berharap dapat membantu dalam mensukseskan visi danmisi pemkot Bengkulu terutama dibidang kesehatan.

Menurutnya hal ini sesuai dengan amanat yang tertuang dalam UUD 1945 Pasal 34 dan 28 ayat 1,2 dan 3, yang menyatakan bahwa, kewajiban suatu negara untuk memberikan suatu jaminan kepada setiap masyarakat.

“Untuk itu, kami sebagai penyelenggara akan sepenuhnya siap untuk mengemban amanah dan tugas dalam hal memberikan pelayanan kesehatan sesuai MoU yang telah disepakati,” terangnya.

Sejauh ini, hampir 90% warga Kota Bengkulu itu telah tercover dan mendapatkan jaminan kesehatan melalui BPJS kesehatan. Sesuai dengan segmentasi peserta yang di biayai Negara, baik itu oleh APBD mau pun APBN berjumlah 88.000 peserta.

Terdiri dari 7.000 peserta menggunakan dana APBD dan 81.000 sisanya menggunakan dana APBN. “Hal ini tidak terlepas dari usulan permintaan dari pemerintah Kota Bengkulu untuk meningkatkan kualitas kesehatan di Kota Bengkulu.

“Kami pun berharap, MoU ini akan terus dapat berkesinambungan dan selalu bertambah semakin lebih baik kedepannya,” harapnya.

Pantauan bengkuluekspress.com, dalam kesempatan tersebut Walikota juga sempat memberikan sebuah tas kesehatan kepada salah satu warga.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Ketua komisi I DPRD Kota Bengkulu, Maghdaliansi, Ustadz HM Syamlan, Dirut RSUD Kota, dr. Lista Cherlyviera, Kadis Kesehatan Kota, Herwan Antoni dan seluruh jajaran FKPD dan SKPD Kota Bengkulu.(adv/one)

Foto Kegiatan Perjanjian kerjasama (MoU)  Antara Pemerintah Kota Dengan BPJS Kesehatan Kota Bengkulu.