Tingkatkan Kreativitas PKK Kecamatan

Ary, sosialisasi UP2K PKK (1)
ARY/Bengkulu Ekspress
Ketua TP PKK Rejang Lebong saat membuka sosialisasi Usaha Peningkatan Pendatapan Keluarga (UP2K) di Gedung Dekranasda Rejang Lebong Kamis (20/9) kemarin.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong, Fitri Hertikasari A Hijazi SE meminta TP PKK Kecamatan untuk meningkatkan kreativitas. Hal tersebut disampaikannya saat membuka sosialisasi Usaha Peningkatan Pendatapan Keluarga (UP2K) di Gedung Dekranasda Rejang Lebong Kamis (20/9) kemarin. Bunda Fitri meminta agar TP PKK Kecamatan untuk lebih kreatif, karena menurutnya jangan sampai produk yang dihasilkan satu kecamatan sama dengan kecamatan lainnya. Oleh karena itu ia mengharapkan adanya kreatifitas agar produk dari masing-masing kecamatan tidak sama.

“Jangan sampai nanti kecamatan Bermani Ulu membuat kripik pisang, kemudian kecamatan lainnya membuat kripik pisang juga, carilah produk yang berbeda namun bisa dijual dan dibeli masyarakat kita,” harap Bunda.

Dalam berkreatifitas tersebut, Bunda Fitri berharap TP PKK Kecamatan memanfaatkan bahan-bahan lokal yang ada dimasing-masing kecamatan. Karena menurut bunda, dengan beragamnya hasil dari UP2K tersebut maka akan semakin diterima masyarakat yang tentunya berdampak pada perekonomian masyarakat yang semakin meningkat sesuai dengan tujuan dari program UP2K tersebut. “Ayo kita berkreatifitas untuk meningkatkan perekomian masyarakat kita,” ajak Bunda.

Dalam kesempatan tersebut, bunda juga berharap kepada para peserta sosialisai untuk bisa menularkan ilmu yang mereka dapat ke tingkat desa dan kelurahan dimasing-masing kecamatan. Karena dengan begitu, menurut bunda pengembangan program UP2K di Kabupaten Rejang Lebong dapat tersosialisasi sempurna. “Tentunya bukan hanya programnya saja yang disampaikan tetap binaa dan penagwasan produk-produk UP2K harus terpantau, usahakan hasil UP2K memiliki ciri khas, berkualistas dengan kemasan yang sesuai standar,” harap bunda.

Karena menurut bunda, dengan memenuhi beberapa kriteria tersebut produk yang dihasilkan akan cepat terkenal dan diminati. Sementara itu, terkait dengan produk-produk UP2K Rejang Lebong sendiri, menurut bunda ada beberapa produk yang sudah dikenal sampai ke tingkat nasional mulai dari olahan kopi, anke kripik, manisan terong, kripik jahe, gula semut, marning dan masih banyak lagi hingga produk hasil kerajinan seperti anyaman dan ukiran.

Terkenalnya sejumlah produk asal Kabupaten Rejang Lebong tersebut, karena sering dibawa dan dipromosikan disejumlah kegiatan-kegiatan nasional. Dengan semakin dikenalnya produk-produk UP2K Rejang Lebong tersebut, maka menurut bunda kewajiban dari TP PKK Rejang Lebong yaitu untuk selalu meningkatkan kualitas dan kuntitas produk-produk yang ada terutama yang bersumber dari potensi alam yang dimiliki Rejang Lebong.(251)