Tingkatkan Kompetensi, Ratusan Guru Ikuti PKG

PKG: Ratusan guru TK, SD, SMP dan SMK se-Kabupaten Kaur saat mengikuti ujian PKG online di aula Kemenag Kaur, Kamis (25/1).
PKG: Ratusan guru TK, SD, SMP dan SMK se-Kabupaten Kaur saat mengikuti ujian PKG online di aula Kemenag Kaur, Kamis (25/1).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Ratusan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat TK/PAUD, SD, SMP dan SMK se-Kabupaten Kaur, mengikuti ujian Penilaian Kinerja Guru (PKG) online di aula Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kaur, Kamis (25/1). Kegiatan ini dilakukan untuk peningkatan kompetensi guru PAI sekolah dan Madrasah di Kabupaten Kaur.

“Pesertanya ini semua guru PAI baik Paud/TK sampai SMK se-Kaur, dan kegiatan ini kita lakukan sehari,” kata Kepala Kemenag Kaur Drs. Zainal Abidin MH, kemarin (25/1).

Dikatakan Zainal, ia berharap agar peserta dapat mengikuti yang telah mengikuti PKG ini dengan serius. Sehingga dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai guru, menjadi tenaga pendidik yang profesional dan kompeten di bidangnya. Terlebih dalam hal penilaian kinerja guru.

“Peserta di sini guru PNS maupun non PNS. Nantinya mereka akan bertugas sebagai penilai guru lainnya. Sehingga, peserta saya harapkan komptensinya meningkat,” harapnya.

Ditambahkannya, dengan PKG berbasis online ini para guru PAI diharapkan dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas kinerjanya setiap tahun. Penilai harus melaksanakan PKG sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan sehingga nilai PKG dapat menunjukkan kinerja guru yang sebenarnya.

“Sebenarnya kegiatan ini bertujuan untuk membekali para guru dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan serta untuk memperluas pengetahuan dan wawasan juga mempertajam pemahaman dalam profesinya. Juga untuk guru yang ikuti PKG ini masih kurang nanti akan kita ikutkan diklat khusus,” jelasnya. (618)