Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

SERAHKAN: Bupati Kaur didampingi Kepala FKPD, dan OPD saat menyerahkan bantuan perahu kepada nelayan di tempat pendaratan ikan Desa Merpas Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur, kemarin.

Bupati Serahkan Bantuan Alat Tangkap

KAUR SELATAN, Bengkulu Ekspress – Guna meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat khususnya para nelayan, Bupati Kaur Gusril Pausi SSos MAP menyerahkan bantuan sarana dan prasarana (Sarpras) penangkapan ikan kepada kelompok nelayan di Kecamatan Kaur Selatan. Penyerahan bantuan berupa 15 perahu sampan, 2 unit ice flake, dan mobil pendingin (termoking) 1 unit itu dipusatkan di tempat pendaratan ikan Desa Sekunyit Kecamatan Kaur Selatan, Rabu (20/11).

“Bantuan sarana dan prasarana seperti alat tangkap yang kita berikan ini tak lain dan tak bukan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan Kaur. Pemerintah daerah sangat peduli terhadap masyarakat kecil khususnya nelayan,” kata bupati sebelum memberikan bantuan alat tangkap kepada kelompok nelayan, kemarin (20/11).

Dikatakan bupati, ia berharap bantuan yang diberikan Kementerian Kelautan Perikanan melalui Pemkab Kaur ini dapat mendukung segala aktivitas yang dilakukan oleh para nelayan-nelayan lokal yang terhimpun dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Bupati juga mengingatkan kepada para nelayan yang telah menerima bantuan agar dapat menjalankan rutinitas mencari ikan secara optimal, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraannya.

“Kita berharap bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil tangkapan, sehingga pendapatan sehari-hari para nelayan akan turut meningkat yang berimbas positif pada peningkatan kesejahteraan nelayan Kaur,” harapnya.\

Ditambahkan bupati, ia juga menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan pusat yang telah banyak memberikan bantuan alat tangkap kepada nelayan Kaur.

Bupati berharap semoga perhatian atau bantuan ini dapat berkelanjutan untuk mensejahteraan nelayan Kaur.“Saya sampaikan ucapan terima kasih banyak kepada pemerintah pusat yang telah banyak memberikan bantuan alat tangkap kepada nelayan Kaur. Semoga dengan bantuan ini kedepan nelayan Kaur makin sejahtera dan Kaur makin maju dan terdepan khususya di bidang perikanan,” harap bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kaur Edward Happy SSos dalam sambutannya juga menyampaikan, bantuan yang diberikan ini yakni sampan alat tangkap sebanyak 15 paket yang diserahkan kepada 10 koperasi nelayan, ice flake 2 unit, dimana 1 unit diserahkan ke Koperasi Mina Maritim Kaur Selaran dan 1 unit ke Koperasi Berkah Lautan Kecamatan Maje.



Sementara untuk mobil pendingin (termoking) 1 unit diserahkan ke Koperasi Bina Usaha Sejahtera di Kecamatan Nasal. Juga untuk bantuan badan hukum 5 KUB menjadi koperasi nelayan, dan penyerahan sebanyak 518 asuransi atau perpanjangan 300, dari KKP 218.

Selain itu juga bantuan pembudidaya ikan gurame dan nila sebanyak 208.000 bibit ikan dan 9000 Kg pangan ikan.“Bantuan ini merupakan dari Kementerian Kelautan dan sebagian ada juga dari anggaran DAK Kaur tahun 2019. Bantuan ini kita serahkan melalui kelompok nelayan dan bukan perorang.

Juga dengan bantuan diharapkan juga dapat membantu kelompok nelayan agar bisa lebih memaksimalkan hasil tangkapannya,” harapnya.Di lain sisi, perwakilan nelayan Kaur Yudi saat sambutan mengatakan, ia menyampaikan ucapan terima kasih Bupati Kaur yakni bapak Gusril Pausi, pemerintahan pusat dan provinsi atas bantuan ini.

Namun ia masih sangat berharap ke Bupati Kaur agar memikirkan solusi bagaimana caranya ketika kami akan mendarat tidak terkendala dengan gelombang tinggi.“Kita nelayan kini kesulitan saat ndarat kelaut.

Misalnya ada penahan ombak ditengah laut sehingga ombak pecah di tengah laut itu sendiril, karena sudah beberapa kali kami nelayan nyaris naas akibat gelombang tinggi saat ingin berlabuh,” singkatnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Direktur Jendral Perikanan Tangkap diwakili oleh Pelaksana Kasubdit Alat Penangkapan Ikan Kementrian Kelautan dan Perikanan bapak Iqbal Firdaus, perwakilan Dinas Perikanan Provinsi Bengkulu Prima Eko Yurizta, UFKPD, kacab Bank Bengkulu-Bintuhan, Kepala Desa Sekunyit dan Desa Pengubayan, Kepala Cabang Jasindo Bengkulu, seluruh pengurus dan anggota Koperasi Nelayan yang ada di Kabupaten Kaur.(618)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*