Tingkatkan Kehidupan Religius

Bupati BU Ir H Mian bersama Walikota Bengkulu saat melakukan penandatanganan kerjasama peningkatan kehidupan masyarakat yang religius, kemarin (11/11).

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspess – Untuk peningkatan kehidupan masyarakat yang lebih religius, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara (Pemkab BU) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melakukan kerjasama. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Bupati BU Ir H Mian dengan Walikota Bengkulu H Helmi Hasan, SE.

Penandatanganan ini, dilakukan di Balai Daerah atau Rumah Dinas Bupati BU, kemarin pagi (11/11), yang dihadiri oleh Wakil Bupati Arie Septia Adinata SE MAp, Sekretaris Daerah Dr Haryadi SPd MM MSi, dan unsur pimpinan SKPD dan FKPD BU.

Kepada wartawan, Walikota Helmi Hasan mengatakan, kerjasama ini dalam rangka untuk menciptakan masyarakat yang religius. Dimana suasana religi yang ada di BU akan diciptakan di Kota Bengkulu.



“Ini untuk menciptakan masyarakat yang religius. Apa yang ada di sini akan kita terapkan di kota, begitu pun sebaliknya,” kata Helmi.

Menurut walikota, ada 6 poin kesepakatan yang ditandatangani, yakni pertama peningkatan koordinasi dan komunikasi. Kedua, sinergi program memakmurkan rumah ibadah. Ketiga, peningkatan kerjasama bidang sosial,budaya dan pariwisata. Keempat, penyediaan data dan informasi program unggulan daerah.

Kelima, peningkatan kerjasama bidang pangan dan pertanian. Dan keenam, bidang-bidang lain yang disepakati bersama sesuai kebutuhan para pihak. Enam point ini akan diterjemahkan oleh masing-masing OPD dan para tokoh agama, agar segera menindaklanjuti kesepakatan antar Pemkot dan Pemkab BU.

“Semoga kerjasama yang telah ditandatangani bisa menciptakan masyarakat yang religi, sehingga mampu menyentuh dan bermanfaat untuk masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Mian menyampaikan, pihaknya menyambut baik atas kedatangan Walikota Bengkulu serta mengapresiasi atas gagasan yang konstruktif dari Walikota Bengkulu dengan program yang dilakukannya, ini yakni peningkatan masyarakat yang religius.

Dengan telah dilakukannya kerjasama ini, program religi yang telah dilakukan oleh pihak Pemkab BU dan ditambah dari program-program Pemkot Bengkulu akan berjalan lebih baik lagi kedepannya.”Ini merupakan langkah yang baik. Dengan program religius yang sudah ada, akan kita adopsi juga program-program dari Pak Walikota, sehingga program yang lama bisa lebih baik,” ujar Mian.

Leboh lanjut Bupati Mian menuturkan, dari kerjasama yang telah dilakukan, di tahun 2020 akan banyak program Pemkab BU untuk kesejahteraan masyarakat terutama di bidang keagamaan. Salah satu contohnya, akan ada mobil pembersih yang disiapkan untuk membersihkan masjid.”Di tahun 2020 akan kita siapkan 2 unit mobil pembersih sekaligus tenaganya yang akan selalu keliling setiap hari untuk membersihkan masjid-masjid yang ada di Kabupaten BU.

Selain itu juga Mian menyampaikan, bahwa ditahun 2020 juga pihaknya telah menganggarkan untuk program bantuan sosial kepada masyarakat yang kurang mampu untuk melakukan pernikahan.”Ke depan juga sudah kita anggarkan untuk program bantuan pembiayaan pernikahan bagi masyarakat yang kurang mampu. Ini bukan nikah gratis, tapi penanggulangan biaya untuk pernikahan bagi masyarakat yang kurang mampu,” tukasnya. (127)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*