Tingkatkan Ekowisata, Pertamina dan Human Initiative Bengkulu Kembali Tanam 1.000 Pohon Mangrove

Volunteer HIVE, Karang Taruna, dan Komunitas Pecinta Alam mengikuti kegiatan penanaman 1000 mangrove di Kampung Sejarahtera, Rabu (9/9)

BENGKULU, BE – PT. Pertamina (Persero) Fuel Terminal (FT) Bengkulu bersama Human Initiative (HI) cabang Bengkulu, kembali melakukan aksi penanaman 1.000 pohon Mangrove. setelah sebelumnya juga ditanam 1.000 pohon pada dua minggu yang lalu. Kegiatan ini program berkelanjutan dalam upaya pembedayaan masyarakat dan meningkatkan ekowisata hutan Mangrove di Kampung Sejahtera, Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. Kegiatan ini diikuti beberapa perwakilan dari PT.Pertamina, Human Initiative Bengkulu, Karang Taruna, Komunitas Pecinta Alam dan Volunteer HIVE.

“Penanaman pohon Mangrove ini sudah dibuka secara resmi oleh PT Pertamina dan HI Cabang Bengkulu dua minggu yang lalu sekaligus penanaman 1.000 pohon pertama. Alhamdulillah, hari ini ditambah 1.000 pohon lagi yang ditanam,” ungkap Salah Seorang Staf Marcom and Partnership HI cabang Bengkulu, Sugito (25), kepada BE, Rabu (9/9).

Penanaman pohon Mangrove ini terus dilakukan dan berkelanjutan dengan target mencapai 4 ribu pohon yang ditanam dengan pengelolaan dan pembibitan langsung oleh warga Kampung Sejahtera. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kemandirian masyarakat dalam mengelola wisata hutan Mangrove.

“Untuk 2 ribu bibit pertama ini kita membeli, namun untuk kedepannya akan dicoba membuat bibit sendiri yang dikelola oleh masyarakat. Tugas kami hanya mengarahkan dan membina saja nanti,” tambah Sugito.

Kegiatan ini diikuti beberapa perwakilan dari PT Pertamina, Human Initiative Bengkulu, Karang Taruna, Komunitas Pecinta Alam, dan Volunteer HIVE. Dengan dilaksanakannya aksi penanaman pohon Mangrove ini diharapakan mampu membantu pemerintah dan masyarakat dalam menjaga dan mengelola hutan mangrove yang ada di daerah Pulau Baai sehingga dapat meningkatkan minat wisatawan untuk mengunjungi wisata hutan mangrove yang ada di Kota Bengkulu. (Mg4)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*