Tinggi Gelombang 3 Sampai 4 Meter

nelayan psar bawahPASAR MANNA, BE – Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Bengkulu Selatan (BS), Nopian Andusti MSi mengatakan bahwa hujan disertai badai yang sangat kencang  yang terjadi akhir-akhir ini tak hanya menumbangkan pohon dan membuat rumah warga rusak. Gelombang air laut pun menjadi tinggi, hingga 3 sampai 4 meter.

”Dengan musim yang ekstrim ini, gelombang laut bisa mencapai 4 meter,” kata Nopian. Untuk itu, katanya, pihaknya mengingatkan agar nelayan di BS lebih berhati-hati dalam mencari ikan di laut. Karena gelombang tersebut dapat berakibat fatal dan membahayakan keselamatan.

”Kalaupun nelayan masih tetap mencari ikan, kewaspadaan harus ditingkatkan lagi. Supaya tidak menjadi korban keganasan amukan ombak laut yang gelombangnya mencapai ketinggian 4 meter seperti saat ini,” harapnya.

Sementara itu, salah seorang nelayan pantai Pasar Bawah, Ujang (45) menuturksn dirinya dan nelayan yang lain kini terpaksa harus tetap melaut, meskipun gelombang  tinggi disertai badai terus terjadi. Dirinya berasalan jika tidak melaut maka biaya keluarganya sehari-hari sumbernya tidak akan didapat. “Kalau gelombang laut mencapai 4 ataupun 5 meter kami sudah terbiasa dan tidak takut lagi melaut,” terangnya. (369)