Timsus Polda Bengkulu Siap Kawal Kegiatan Capres dan Cawapres

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Sejumlah tim disiapkan kepolisian daerah (Polda) Bengkulu, untuk mengawal kegiatan Capres dan Cawapres di Provinsi Bengkulu. Selain itu, ada ribuan personel gabungan dari Polri sudah siap mengamankan jalannya pemilihan umum (Pemilu) 2019, dengan dibantu dari personel Kodam dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.

“Kami sudah siapkan tim khusus untuk mengawal dan mengamankan Capres dan Cawapres yang menggelar kegiatan di Bengkulu. Satu tim rangkaian kedatangan Capres, VIP, hingga cadangan,” ujar Kapolda Bengkulu, Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Coki Manurung, seusai kegiatan simulasi pengamanan Pemilu 2019 operasi Mantap Brata 2018 di Lapangan Sport Center Kota Bengkulu, Rabu (19/9/18).

Selain keamanan situasi, dunia maya atau media sosial juga tak lepas dari pengawasan Bengkulu. Pengawasan juga untuk mengantisipasi adanya kampanye hitam yang merebak di media sosial. “Ada satgas anti black campaign yang sudah dibentuk sejak lama,” terang Coki.

Dengan persiapan yang sudah dilakukan personel gabungan tersebut, Coki ingin situasi Pemilu 2019 di Bengkulu, berjalan aman dan kondusif sehingga kedamaian dan persatuan tetap terjaga.

“Sinergitas itu kunci kedamaian, jadi pengamanan pemilu sangat memerlukan bantuan instansi terkait lainnya, tanpa mereka kita juga tidak bisa menghandle semuanya,” sambung Coki.

Sementara itu, simulasi pengamanan Pemilu 2019 yang digelar berjalan lancar. Dalam simulasi ini, pasukan khusus menampilkan aksinya dalam menghadapi massa demonstran yang anarkis dan serangan mendadak dari teroris. Kegiatan simulasi ini digelar untuk memantapkan pasukan agar siap dalam mengantisipasi segala kemungkinan atau kericuhan yang terjadi. (Imn)