Timnas Indonesia Bersua Myanmar di Semifinal

ANTARA/BE
Timnas Indonesia vs berhasil membungkam Laos 4-0 pada laga terakhir penyisihan grup, kemarin sore.

JAKARTA, bengkuluekspress.com – Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal dan akan bertemu dengan Myanmar pada cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019. Tim Garuda Muda lolos ke fase gugur usai menang telak 4-0 atas Laos di Stadion Imus Grandstand, Kamis (5/12). Gol-gol Indonesia dicetak Osvaldo Haay (dua gol) dan sumbangsih Saddil Ramdani serta penalti Bagas Adi Nugroho.

Kemenangan telak itu membuat Indonesia mengoleksi 12 poin dari lima laga. Osvaldo Haay dkk lolos dengan status runner up Grup B. Tim asuhan Indra Sjafri harus merelakan posisi juara grup ditempati Vietnam.

Skuat asuhan Park Hang-seo kukuh di puncak usai bermain imbang 2-2 melawan Thailand di Stadion Binan pada saat yang bersamaan. Tambahan satu poin membuat Vietnam mengoleksi 13 poin. The Golden Stars hanya unggul satu poin dari Timnas Indonesia sedangkan Thailand harus menerima kenyataan tersingkir di fase grup.

Timnas Indonesia sendiri sebenarnya tampil apik di penyisihan grup. Tim Garuda Muda meraih empat kemenangan, mencetak total 13 gol dan hanya kalah tipis 1-2 dari Vietnam. Di sisi lain, status sebagai runner up Grup B membuat Indonesia akan bersua Myanmar di babak semifinal. Tim Myanmar yang berjuluk Macan Asia itu lolos ke babak semifinal usai memuncaki Grup A.

Myanmar lolos dengan mengoleksi 10 poin dari empat pertandingan. Soe Moe Kyaw dkk didampingi Kamboja yang secara mengejutkan finis di posisi kedua Grup A. Kamboja memenangi persaingan untuk memperebutkan tiket terakhir melawan Filipina dan Malaysia. Di laga terakhir, Kamboja mengalahkan Malaysia dengan skor 3-1.

Jalan Pertandingan

Pada laga terakhir ini pasukan Garuda langsung menggebrak sejak menit awal pertandingan. Hasilnya, Garuda Muda berhasil memecah kebuntuan saat laga baru berusia lima menit lewat aksi Saddil Ramdani. Selepas gol Saddil, Indonesia kesulitan membongkar pertahanan berlapis Laos. Soukaphone Vongchiengkham dan kawan-kawan mampu menebar ancaman lewat serangan balik.
Vongchiengkham bahkan nyaris berhasil menyamakan skor di menit ke-40. Namun, tendangan bebas kapten Laos tersebut masih mampu ditepis Nadeo Argawinata.

Semenit berselang, Saddil mendapat peluang emas untuk menggandakan skor. Sayang, tembakannya di sisi kiri kotak penalti masih terlalu lemah dan mudah diantisipasi penjaga gawang Solasak Thilavong. Tim Merah Putih terus mengurung pertahanan Laos di waktu tersisa, namun tak ada gol tambahan yang tercipta hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Indonesia mampu mencuri gol di menit ke-47 lewat aksi Osvaldo Haay. Ini merupakan gol keenam Osvaldo di sepanjang fase grup. Unggul 2-0 membuat Indonesia bermain lebih tenang saat menguasai bola. Kerja sama apik Evan Dimas dan Syahrian Abimanyu di lini tengah membuat Laos kerepotan.

Akan tetapi, Laos sempat mendapat peluang memperkecil skor lewat tendangan spekulatif dari luar kotak penalti pada menit ke-64. Tetapi upaya itu masih tepat mengarah ke Nadeo Argawinata.
Bagas Adi Nugroho berhasil memperlebar keunggulan Indonesia menjadi 3-0 lewat eksekusi penalti di menit ke-71. Tembakan Bagas sempat diblok kiper lawan namun ia berhasil menunaikan tugasnya dengan menyambut bola liar di depan gawang.

Osvaldo Haay menambah derita Laos lewat gol yang ditorehkannya di masa injury time. Hasil ini sudah cukup bagi Indonesia melaju ke semifinal dengan status runner up, sementara juara grup dikuasai Vietnam yang bermain imbang 2-2 lawan Thailand. (jal/jun)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*