Tim Voli SMKN 1 Putri Hijau Melaju ke Nasional

C360_2015-05-11-08-52-26-970

PUTRI HIJAU, BE – Siswa SMKN 1 Putri Hijau kembali mengukir prestasi yang gemilang. Ini setelah tim voli sekolah tersebut melaju ke nasional mewakili Provinsi Bengkulu di ajang Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN). Tahun 2012 lalu, tim voli putra di sekolah tersebut berhasil meraih peringkat 6 se-Indonesia di ajang serupa.
Kepala SMK Negeri 1 Putri Hijau Sumarno S.Pd mengatakan proses terpilihnya siswa di sekolah yang dipimpinnya melalui proses panjang. Diawali kegiatan O2SN tingkat Kabupaten Bengkulu Utara yang diselenggarakan di Kecamatan Ketahun pada bulan Maret 2015 lalu. SMKN 1 Putri Hijau mengirimkan kontingen dan berhasil memperoleh prestasi untuk cabang lomba bola voli putra dan putri masing-masing juara 1, dan basket putri peringkat 2 serta basket putra peringkat 3. Dengan demikian tim voli putra dan putri SMKN 1 Putri Hijau berhak mewakili Kabupaten Bengkulu Utara untuk mengikuti O2SN tingkat Provinsi.
Menurut Sumarno, suksesnya SMKN 1 Putri Hijau melaju ke tingkat nasional tersebut, berkat latihan keras yang dilakukan secara berkelanjutan melalui kegiatan ekstra kurikuler di sekolah. “Dan doa yang dipanjatkan oleh seluruh warga sekolah khususnya serta masyarakat Bengkulu Utara secara umum menjadikan SMKN 1 Putri Hijau memperoleh prestasi yang gemilang,” tuturnya.
Sumarno menjelaskan pada pertandingan O2SN tingkat Provinsi (4-6 Mei 2015) lalu, pada babak penyisihan tim bola voli putrinya harus berhadapan dengan tim dari SMKN 1 Kota Bengkulu. Tim lawan merupakan juara bertahan tingkat Provinsi sejak O2SN dilaksanakan Tahun 2009-2014. Namun berkat kegigihan dan kesolidan tim bola voli putri SMKN 1 Putri hijau dapat mengalahkan tim SMKN 1 Kota Bengkulu dengan skor 3-1. Kemenangan tersebut diungkapkan Sumarno adalah prestasi yang luar biasa karena selama pelaksanaan O2SN tingkat provinsi, tim Volly Putri Kota Bengkulu tidak pernah terkalahkan. Dan tahun ini SMKN 1 Putri Hijau mencatat sejarah baru dapat mengalahkan juara bertahan O2SN tingkat provinsi di babak penyisihan.  Pada babak final tim voli SMKN 1 Putri Hijau dapat menyelesaikan pertandingan dengan skor 3-1 melawan tim Kabupaten Kepahiang.
Sementara itu tim bola voli putra SMK N 1 Putri Hijau hanya mendapat juara 2, mengingat 3 pentolan tim ini yang terdiri dari 2 juru pukul dan 1 juru tipu tidak dapat bermain karena tersandung oleh persyaratan tanggal lahir yang diberlakukan oleh panitia O2SN Propvinsi Bengkulu umur tertua lahir 01 Agustus 1997, sedangkan di Provinsi lain umur tertua lahir 01 Januari 1997.
Dijelaskan Sumarno, seandainya panitia O2SN provinsi Bengkulu menerapkan peraturan sama dengan provinsi lain. Dia yakin tim voli putra dan putri SMK N 1 Putri Hijau dapat mewakili Provinsi Bengkulu di tingkat nasional.(prw)