Tim Satop Patnal Pas Razia Warga Binaan

APRIZAL/BE
Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Ika Yusanti BcIP, SH MSi saat melakukan razia secara langsung

ARGA MAKMUR, BE – Guna mendeteksi secara dini potensi gangguan Keamanan dan ketertiban (Kamtib) dikalangan warga binaan di Lembaga Pemasyarakat (Lapas). Rabu 25/8), sekitar pukul 20.30 WIB, Tim Satop Patnal Pas Kanwil Bengkulu bersama Tim Satop Patnal Pas Lapas Kelas II B Arga Makmur, merazia warga binaan di lapas tersebut. Pelaksanaan razia deteksi dini ini langsung dipimpin Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bengkulu Ika Yusanti BcIP SH MSi didampingi Kalapas Kelas II B Arga Makmur Luhur Pambudi.

Disela pemeriksaan saat dikonfirmasi Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bengkulu Ika Yusanti mengatakan, kegiatan ini sebagai tindaklanjut menjaga keamananan dan ketertiban di dalam Lapas. Menurutnya, deteksi dini ini bukan hanya melakukan razia terhadap warga binaan saja, akan tetapi juga meninjau langsung sarana dan prasarana di dalam lapas, yang berpotensi terjadi adanya ganguan keamanan dan ketertiban.

“Ya, deteksi dini ini kita lakukan untuk memeriksa bagaimana keadaan di dalam, baik itu sarana parasaran serta barang-barang warga binaan itu sendiri apakah berpotensi menjadikan adanya gangguan Kamtib,” katanya.

Dalam deteksi dini ini targetnya hanphone dan narkoba. Karena, barang ini lah yang menjadi salah satu penyebab adanya gangguan Kamtib di dalam Lapas. Dirinya pun berharap dengan adanya pendeteksian dini ini dapat meminimalisir terjadinya gangguan Kamtib didalam Lapas secara cepat.

“Yang menjadi targetkan kita adalah Handphone dan Narkoba karena barang-barang inilah yang menjadi satu terjadinya gangguan Kamtib di dalam Lapas. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meminimalir terjadinya gagnguan kamtib didalam lapas,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ika menuturkan, hasil deteksi dini penggeledahan terhadap warga binaan memang tidak ditemukan barang yang menjadi target dalam kegiatan deteksi dini ini. Namun hal ini harus dapat dilakukan secara berkelanjutan oleh pihak Lapas terkhususnya bagi tim Satop Patnal Pas, agar gangguan Kamtib tidak terjadi, sehingga keadaan lapas sendiri pun tetap aman dan kondusif.

“Kendati tidak ditemukan barang yang menjadi target, tetapi masih terdapat barang-barang yang kemungkinan bisa terjadinya gangguan Kamtib. Maka dari itu saya minta kepada tim Satop Patnal Pas Lapas Arga Makmur untuk daoat terus mekakukan deteksi dini secara continue agar gangguan Kamtib tidak terjadi, sehingga keadaan lapas sendiri pun tetap aman dan kondusif,” pungkasnya. (127)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*