Tim Saber Pungli Tingkatkan Pengawasan

RAPAT Tim Saber Pungli saat mengelar rapat di aula kantor Inspektorat Kaur, Selasa (56)
IRUL/Bengkulu Ekspress
RAPAT: Tim Saber Pungli saat menggelar rapat di aula kantor Inspektorat Kaur, Selasa (5/6).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Tim satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Kaur akan meningkatkan intensitas pengawasan dan penindakan kasus Pungli pelayanan di kawasan wisata selama libur lebaran tahun 2018 ini. Peningkatan untuk menjamin, tidak adanya lagi oknum atau pihak-pihak yang melakukan Pungli dan meresahkan masyarakat Kaur.

“Untuk mencegah Pungli selama lebaran ini, kita bersama Tim Saber Pungli terus meningkatkan pengawasan pelayanan yang rentan terjadi Pungli,” kata Kepala Inspektorat Kaur, Bahrun Budiman SH MH, saat memimpin rapat bersama Tim Saber Pungli di kantor Inspektorat, kemarin (5/6).

Dikatakannya, jelang lebaran dan selama lebaran ini, Tim Saber Pungli diturunkan guna mengantisipasi adanya pungutan liar yang mungkin saja masih terjadi. Bahrun menegaskan bahwa di kawasan wisata tidak diperbolehkan ada parkir liar. Selain itu tarif parkir yang sengaja dilambungkan oleh oknum petugas justru akan membuat para pengunjung menjadi tidak nyaman.

“Tidak boleh ada parkir ilegal, dan juga kita mewanti-wanti kepada para camat dan kepala desa agar tidak mudah memberikan izin pembangunan kegiatan usaha di kawasan wisata pantai tanpa adanya regulasi dan peraturan yang jelas,” jelasnya.

Sementara itu, tim Pengawasan Saber Pungli Polda Bengkulu AKBP Bambang Purwanto SIK yang hadir dalam acara rapat tersebut juga menyampaikan, berdasar data yang dia terima pihaknya dan laporan masyarakat berkaitan dengan hukum masih tinggi. Untuk itu ia meminta kepada tim Saber Pungli agar lebih meningkatkan pegawasan dan peningkatan pengawasan sejumlah proyek yang menggunakan anggaran pemerintah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi sejumlah kerawanan, seperti tindak pidana korupsi, Pungli dan tindak pidana yang terkait dalam setiap penggunaan anggaran pemerintah.

“Peran pengawasan Satgas Saber Pungli akan lebih kami tingkatkan, terutama jelang lebaran ini. Karena biasanya rawan pungli itu tempat wisata. Juga jika masyarakat merasa ada Pungli segera lapor dan akan kita langsung tindak,” tegasnya.(618)