Tim Puldater Wiltas Mabes TNI Sambangi BU

 

APRIZAL/BE
Usai melakukan kunjungan Tim Puldater Wiltas Mabes TNI memberikan cinderamata kepada pihak Pemkab BU, Rabu (9/6)

 

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Rabu pagi (9/8) mendapat kunjungan langsung dari Tim Pengumpulan Data Teritorial (Puldater) Wilayah Perbatasan (Wiltas) Ster TNI Mabes TNI. Dimana kedatangan Tim Puldater Wiltas Ster Mabes TNI ini dalam rangka melaksanakan kegiatan pengumpulan data teritorial Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT), yakni pulau Enggano. Dalam kunjungan Tim Puldater Wiltas Ster Mabes TNI yang dipimpin oleh Kolonel Mar Bambang Hadi Suseno SE Paban VI/Taswilnas Ster TNI didampingi Mayor Inf Wawan Setiawan Pabanda Data Pottaswilnas Ster TNI dan Priyatno Kaurmin Paban VI/Taswilnas Ster TNI disambut langsung oleh Wakil Bupati BU Arie Septia Adinata SE MAP serta para Asisten Setdakab BU I, II dan III, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Pasiter Kodim 0423/BU, Koramil Enggano, Kapolsek Enggano dan Camat Enggano bertempat diruang rapat Setdakab BU.
Ketika ditemui awak media, Mar Bambang Hadi mengatakan, bahwa pihaknya melakukan kunjungan ini merupakan suatu pemgumpulan data yang dibutuhkan dalam rangka menjadikan potensi suatu wilayah, sehingga dapat dikembangkan dan nantinya dapat dimanfaatkan sebagai kekuatan wilayah.
“Ya, kunjungan ini terkait dengan pelaksanaan PPKT yakni di Pulau Enggano,” kata Mar Bambang Hadi.

Ditambahkannya, pelaksanaan PPKT ini sesuai dengan keputusan Presiden (Keppres) nomor 6 tahun 2017 tentang Penetapan Pulau-Pulau Kecil Terluar dalam rangka untuk mempertahankan suatu wilayah sehingga menjadi kekuatan bagi pertahanan negara. Dikerenakan PPKT mempunyai nilai strategis sehingga harus mempunyai nilai maksimal untuk mempertahankan suatu wilayah dan menjadi kekuatan dalam pertahanan negara.
“Pelaksanaan ini kita lakukan sesuai dengan Keppres nomor 6 tahun 2017 tentang Penetapan Pulau-Pulau Kecil Terluar yang harus dipertahankan,”ungkapnya.

Dari hasil pemaparan yang diberikan oleh pihak Pemkab BU pihaknya telah mengetahui bahwa sarana dan prasarana termasuk fasilitas pendukung lainnya yang ada di Pulau Enggano masih banyak yang harus diperbaiki. Dan dirinya pun mengakui hal ini akan segera ditindaklanjuti.
“Kita sangat berterimakasih kepada pihak Pemkab BU yang telah memberikan informasi terkait dengan Pulau Enggano. Sesuai dengan harapan Wakil Bupati dengan sarana dan prasarana termasuk fasilitas pendukung lainnya yang masih banyak harus diperbaiki hal ini akan kita tindaklanjuti,”tukasnya.

Sementara itu, Wabup BU, Arie Septia Adinata SE MAP berharap, dengan adanya kunjungan ini dapat menjadi wadah komunikasi dengan pemerintah pusat agar sarana dan prasarana serta infratrsuktur di pulau enggano dapat terealisasi dan dimasukkan dalam RPJMN. Karena pulau enggano sendiri memiliki potensi dalam Sumber daya Alam yang sangat mumpuni dan harus diperhatikan, sehingga penunjang sarana prasarana dan infraktruktur pendukung lainnya yang masih menjadi kendala di Pulau Enggano dapat segera diperbaiki
“Kami telah menyampaikan potensi wilayah Enggano, dan kuncinya ada di akses. Harapannya, melalui kunjungan ini dapat menjadi wadah komunikasi dengan pemerintah pusat agar akses infratrsuktur di pulau enggano dapat terealisasi,”harapnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*