Tim Polda Olah TKP Lakalantas Damkar Seluma

Tim Traffic Accident Analysis (TAA) Polda Bengkulu turun tangan dalam Lakalantas Damkar.

TAIS, bengkuluekspress.com – Guna memastikan penyebab kecelakaan Kendaraan Pemadam Bahaya Kebakaran(PBK), Tim Traffic Accident Analysis (TAA) Polda Bengkulu turun tangan untuk membantu Sat Lantas Polres Seluma untuk olah Tempat Kejadian Perkara(TKP) dengan menggunakan metode 3D Laser Scanner.

“Kita hanya membantu untuk olah TKP dengan metode 3D Laser Scanner yang sanggup menangkap gambar 360 derajat dan menghasilkan output gambar TKP Laka Lantas menjadi 3 Dimensi serta dapat menghasilkan Simulasi Laka Lantas,” tegas Operator Tim Traffic Accident Analysis (TAA) Polda Bengkulu, Briptu Yohanes Naibaho kepada BE.

Ditegaskan, sejumlah keterangan dari pengendara mobil Damkar hingga keterangan saksi lainnya juga dimintai. Termasuk mengecek sudut kemiringan jalan yang mengakibatkan mundur. Hingga masuk ke pekarangan rumah warga.

“Keterangan juga dihimpun termasuk foto-foto lokasi dan kemiringan jalan tersebut,” imbuhnya.

Ditambahkan, pengecekan dengan melibatkan Traffic Accident Analysis (TAA) Polda Bengkulu ini tidak lain karena kendaraan Damkar, merupakan kendaraan dinas yang di pergunakan untuk pemadam kebakaran yang di beli dari APBD. Sehingga, metode yang digunakan tim TAA ini digunakan untuk menganalisis penyebab kecelakaan yang sebenarnya. Sehingga, Tim TAA ini akan mendapatkan gambaran tiga dimensi seperti video simulasi bagaimana terjadinya kecelakaan.

“Tapi videonya itu masih butuh waktu pengerjaan antara beberapa hari ke depan,” ujarnya.

Diketahui, kendaraan operasional pemadam kebakaran (Damkar) Nopol BD 8017 PY nyungsep dan terbalik saat hendak menanjak di simpang tiga jalan layang. Mesin tiba-tiba mati dan mobil mundur dan terperosok ke pinggir jalan pekarangan rumah warga. Beruntung tidak ada korban jiwa. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*