Tim PKM Unived Berikan Pelatihan dan Pendampingan di PAUD IT Intan Insani

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Guna membantu tata kelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Dehasen (Unived) Bengkulu, memberikan pendampingan dan pelatihan di salah satu sekolah di Kota Bengkulu. Sekolah yang beruntung tersebut ialah PAUD Intan Insani, Perumnas Unib, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu.

Tim PKM yang memberikan pendampingan dan pelatihan, Wagini, SE, M.Ak., dan anggotanya Nia Indriasari, M.M. menuturkan, pendampingan pelatihan ini dilakukan beberapa kali dengan mengundang narasumber yang berkompeten dibidangnya.


Kegiatan pendampingan pelatihan dan pendidikan tata kelola yang pertama dilakukan pada 26 April 2019 dengan mengundang seorang narasumber, yakni Dra. Ely Marni, M.Pd., selaku pengawas PAUD di Pemerintah Kota Bengkulu. Materi yang disampaikan berupa bagaimana menjadikan suatu PAUD yang berkualitas.

Sementara kegiatan pendampingan pelatihan dan pendidikan tata kelola yang kedua, dilakukan pada 27 April 2019. Kali ini dengan menghadirkan Dra. Lesmi Hartati, M.Pd., yang juga merupakan pengawas PAUD di Pemerintah kota Bengkulu. Materi yang disampaikan berupa pengelolaan data pokok pendidikan (dapodik) secara sistem informasi manajemen (SIM) yang wajib dilaporkan setiap hari secara on line oleh setiap PAUD.

Sedangkan untuk kegiatan Pendampingan Pendidikan dan Pelatihan Kompetensi Sumber Daya Pengajar, dilakukan pada 27 Juli 2019, dengan mengundang Dr. Nina Kurniah, M.Pd., selaku Dosen Prodi S1 PAUD di Universitas Bengkulu. Materi yang disampaikan berupa Standar Pendidik dan Kependidikan.

Wagini menuturkan, pelatihan dan pendampingan ini guna membantu tata kelola PAUD IT Intan Insani kedepannya menjadi lebih optimal dan terarah.

“Kami melihat PAUD IT Intan Insani ingin meningkatkan dan mengoptimalkan tata kelola dan kompetensi SDM PAUD. Sehingga pendampingan ini diharapkan bisa memotivasi dalam rangka mewujudkan PAUD IT Intan Insani yang lebih berkualitas,” jelas Wagini saat ditemui Jumat siang (16/08/19).

Menurut Wagini, berikut kesimpulan yang dihasilkan dari kegiatan yang dilakukan Tim PKM Unived :

1. Kepala Sekolah dan Guru-Guru PAUD IT Intan Insani menyambut baik kegiatan PKM ini untuk pembenahan tata kelola administrasi dan kelembagaan serta peningkatan kompetensi sumber daya pengajar guna mencapai tujuan mewujudkan PAUD IT Intan Insani yang berkualitas.

2. Pelaksanaan PKM untuk pembenahan tata kelola administrasi dan kelembagaan serta peningkatan kompetensi sumber daya pengajar berupa pemberian pendidikan dan pelatihan, mulai dari awal hingga sekarang berjalan baik dan lancar ditandai dengan adanya antusiasme dan keingintahuan yang besar dari pihak sekolah baik Kepala Sekolah dan para Guru dalam kegiatan pengabdian ini.

3. Kepala Sekolah dan para Guru menginginkan kegiatan pengabdian seperti PKM ini untuk tahun berikutnya diadakan kembali agar membekali peningkatan tata kelola administrasi dan kelembagaan serta peningkatan kompetensi sumber daya pengajar guna perwujudan PAUD IT Intan Insani yang berkualitas.

“Kami harapkan kedepannya PAUD IT Intan Insani dapat menjalankan perannya dengan baik sehingga dapat melahirkan generasi yang cerdas,” pungkas Wagini. (ibe/ADV)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*