Tim Pengajar GSMS Kota Bengkulu Libatkan Dewan Kesenian

BENGKULU, BE – Ketua Dewan Kesenian Kota Bengkulu Ajalon Tarmizi, menyambut baik rencana Pemerintah Kota Bengkulu, tetap menyelenggarakan program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS). Program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

“Meski pandemi covid-19 Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bengkulu, tetap melaksanaan program GSMS,” kata Ajalon.

Dalam mendukung program tersebut, Dewan Kesenian Kota Bengkulu, yang dilibatkan dalam tenaga pengajarnya, telah mempersiapkan siapa saja yang bakal terlibat pengajarannya. Ada beberapa bidang kesenian yang diajarkan, seperti tari, musik dan tata rupa. Masing-masing divisi sudah melakukan penyeleksian.

“Untuk kegiatan ini dimulai sekitar awal September di 21 Sekolah Dasar. Sedikitnya diperlukan 20 tenaga pengajar sudah terseleksi,” bebernya.

Tenaga pengajar ini terlebih dulu diseleksi dengan mengedepankan skil dan kemampuan, sikap dan etika, serta kongnitif pengetahuan yang diajarkan. Ditengah pandemi covid-19 saat ini, pembelajaran program GSMS dilakukan secara virtual. Dewan Kesenian terlebih dulu memberikan workshop.

Seperti diberitakan sebelumnya,sebanyak 21 Sekolah Dasar (SD) di Kota Bengkulu, menjadi penyelenggara program GSMS) dari Kemdikbud RI. Program GSMS agenda tahunan dan bertujuan menumbuhkan minat bakat siswa dibidang seni budaya. Dengan begitu, terbentuk karakter dan terbangun sikap kreatif, apresiatif dan inovatif siswa.
“Pelaksanaan mengajar hanya 11 kali pertemuan, diakhir pembelajaran ada evaluasi berupa pertunjukkan hasil pembelajaran,” tandasnya.  (247)