Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Tehnik UNIB Latih Tuna Karya Buat Lampu Akrilik 3D

Endang/BE
Tim pengabdian masyarakat Fakultas Tehnik Universitas Bengkulu (UNIB) memberikan pelatihan pembuatan lampu hias akrilik 3D LED Lamp bagi warga tuna karya. Tampak 3 peserta pelatihan memperlihatkan hasil lampu akrilik 3D yang berhasil mereka buat dari hasil pelatihan yang diajarkan Tim pengabdian masyarakat Fakultas Tehnik Universitas Bengkulu (UNIB).

BENGKULU, BE – Tim pengabdian masyarakat Fakultas Tehnik Universitas Bengkulu (UNIB) memberikan pelatihan pembuatan lampu hias akrilik 3D LED Lamp bagi warga tuna karya. Tim terdiri dari 3 orang dosen memberikan pelatihan pada warga Tunanetra di Jalan Korpri RT 10 Kelurahan Bentiring, Kota Bengkulu.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis ipteks didanami PNPM UNIB tahun 2020, pelaksanaannya dipusatkan di SDN 89 Kota Bengkulu, dengan peserta dibatasi 10 orang,” ungkap Yanolanda Suzantry HST MEng selaku ketua pengabdian masyarakat kepada BE.

Dikatakan Yanolanda, dimasa pandemi seperti ini masyarakat dituntut untuk diam di rumah (stay at home). Kondisi ini membuat banyak perusahaan mengurangi pekerja. Dampaknya, PHK pun tak terelakkan. Maka warga dituntut berkarya. Untuk itu, Yanolanda bersama dua rekannya Fitrilina ST MT, serta Adhadi kurniawan ST MEng terinspirasi untuk mengajak para pemuda lebih berkarya meningkatkan pendapatan menghadapi pandemi covid-19 sesuai dengan bidang yang ia miliki dibidang iptek.

“Lampu hias akrilik 3D LED Lamp ini sangat bagus, bahannya murah dan potensi pemasarannya diminati oleh masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, fungsi lampu selain sebagai penerang, juga sebagai aksens ruang sehingga ruang tampak cantik dengan cahaya yang terang atau temaram. Perkembangan zaman saat ini, banyak memunculkan model lampu hias yang variatif dengan berbagai ukuran. Untuk itu, lampu hias mampu memberikan suasana ruangan dengan keindahannya.

“Warna cahaya redup terangnya cahaya dan bentuk hasilnya dapat memberikan nuansa ruang yang berbeda. Ruangan yang tampak cantik dengan cahaya terang menggunakan akrilik bisa bernilai ekonomis,” imbuhnya.

Dalam pelatihan ini ada tiga hal yang disampaikan, yaitu memberikan wawasan, menghasilkan karya serta pemasarannya (e-commerce). Oleh karenanya, pengabdian masyarakat kali ini memberikan pencerahan pada masyarakat, wawasan tentang bagaimana alat dan materi pembuatan lampu akrilik sehingga memiliki produk yang menarik. Kemudian bagaimana e-commerce untuk pemasarannya seperti apa dan pemberian pembinaan/pelatihan.

“Kami memberikan wawasan pada para pemuda tuna karya ini tentang berkarya dan bagaimana memasarkannya disosial media. Kita juga memberikan pembinaan lanjutan,” bebernya.

Ketua RT 10 Kelurahan Bentiring Kota Bengkulu, menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat yang digelar UNIB di wilayah lingkungannya.

“Kami sangat berterima kasih para pemuda diberikan produksi kerajinan seperti ini sehingga bisa menghasilkan karya dan mendapatkan penghasilan,” ujarnya.

Dengan penguasaan karya dan pemberian wawasan terhadap E-commerce dimedia sosial, maka produk tersebut mudah dikenal masyarakat luar .

“Sangat cocok untuk pengembangan otak dan bisa meningkatkan ekonomi. Saya harap pelatihan tersebut berkelanjutan juga menyasar kaum perempuan,” pintanya.

Pantauan BE di lokasi, puluhan pemuda yang hadir wajib mengikuti protokol covid-19. Masing-masing peserta wajib mengenakan maskeratau face shield dan mencuci tangan baru memasuki ruangan.

Sebelum praktek membuat karya, terlebih dulu peserta diberikan workhsop pembuatan lampu. Lalu, dilanjutkan dengan pemasaran online atau E-commers. Panitia juga menyediakan perangkat pembuatan lampu hias akrilik 3D LED Lamp, seperti papan partike, kaca film, akrilik bening, cermin, wall paper kayu, double tipe kayu, kabel listrik, lampu LED Strip, timah solder dan banyak lagi. Bahan pembuatan lampu hias dengan menggunakan alat bor kayu, mini drill bor minicutter acrylik dan lainnya. Selain itu, para peserta juga praktek membuat lampu hias akrilik 3D LED.  (247/krn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*