Tim LDBI Bengkulu Lolos 16 Besar

Tim Perwakilan Bengkulu yang juga siswa dari SMAN 5 Kota Bengkulu, mengikuti rangkaian LDBI tingkat nasional, di SMAN 5 Kota Bengkulu
1.Ist/Bengkulu Ekspress
Tim Perwakilan Bengkulu yang juga siswa dari SMAN 5 Kota Bengkulu, mengikuti rangkaian LDBI tingkat nasional, di SMAN 5 Kota Bengkulu, kemarin (8/8).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress- Peserta lomba pada babak penyisihan Lomba debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National School Debating Championship (NSDC) yang diikuti 34 provinsi, mulai mengerucut. Tim LDBI dari Bengkulu berhasil lolos dan masuk dalam 16 besar se-Indonesia. Sementara tim debat bahasa Inggris harus kandas.



“Alhamdulillah tim LDBI Bengkulu lolos 16 besar, kalau debat bahasa Inggris saya belum tahu infonya ” ungkap Kepala SMAN 5 Kota Bengkulu Dra Hj Darmawati MPd kepada Bengkulu Ekspress kemarin (8/8).

Informasi itu diketahui saat pengumuman di SMAN 5 Kota Bengkulu. Dalam top 16 LDBI se-Indonesia itu, Bengkulu berada diurutan ke 8, dibawah Kepulauan Riau dan diatas Kalimantan Tengah. Sementara urutan pertama ditempati tim Riau.

Berikut top 16 LDBI tingkat nasional, Riau, Aceh, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, Jawa Timur, Maluku, Kepri, Bengkulu, Kalteng, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Bali, Lampung, D.I Yogjakarta, Sumatera Utara dan Sumatera Barat.  ”Harapan kita Bengkulu bisa mengulangi kembali meraih juara debat nasional,” ungkapya.

Lebih lanjut dikatakanya berbagai persiapan telah dilakukan tim Bengkulu termasuk peserta lomba, sehingga sebisa mungkin untuk bisa berprestasi dan membanggakan Bengkulu, terlebih Bengkulu sebagai tuan rumah penyelenggara.

Sementara itu, tim debat bahasa Inggris Provinsi Bengkulu, kandas dibabak penyisihan. Berdasarkan informasi guru pendamping Bengkulu Nation School Debating Championship, Efri yeni menuturkan, tim debat bahas Inggris dari Bengkulu, gugur dan gagal masuk di 16 besar. Dari lima babak penyisihan tim Bengkulu hanya mampu menang dua kali. Sementara dalam aturan minimal menang 3 kali, sehingga mempengaruhi skor penilaian.”Tim Bengkulu yang belum lolos 16 besar ini kita jadikan pengalaman,” katanya.

Adapun 16 top NSDC tingkat nasional, yaitu, Yogyakarta, Banten,Jatim,Jakarta,Bali, Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Lampung,Jawa barat,Aceh, Jawa tengah, Sumatera Barat dan Kepri.

Prosesi penilaian dilakukan dengan sistem mengumpulkan seluruh nilai di babak penyisihan dikumpulkan ke dewan juri, dari 34 tim diambil 16 besar dan pengumuman itu akan dilakukan pada malam nanti.  Dituturkanya, pelaksanaan debat dihari kedua dilakukan di SMAN 5 Kota Bengkulu (LDBI) dan NSDC di SMAN 7 Kota Bengkulu. Hari kedua babak penyisihan, akan mencari 16 kelompok yang maju ke babak selanjutnya. Pengumuman kelompok yang maju ke babak selanjutnya diumumkan setelah babak penyisihan sesi ke- 5. Pengumuman pemenang yang masuk dalam dewan juri.

Seperti diketahui, babak penyisihan lomba debat dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Berbeda dihari pertama yang hanya dua sesi, dihari kedua peserta harus mengikuti babak penyisihan dengan tiga sesi. (247)