Tim Kemenkes Nilai RSUDHD

KOTA MANNA, BE – Tim akreditasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, kemarin mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah Hasanuddin Damrah (RSUDH) Manna, Bengkulu Selatan.

Kedatangan tim yang terdiri dari 3 orang anggota — dr Kurniawati L Khalik, dr Djaenah Karim Sp RM Mars dan Sri Murti SKM MM — ini untuk menilai kelayakan peningkatan akreditasi RSUDHD dari Kelas C ke Kelas B.
Ada 5 item yang dinilai oleh tim tersebut yakni administrasi dan manajemen, pelayanan medik, asuhan keperawatan, instalasi gawat darurat serta rekam medik.

“Untuk penilaian itu kami akan memeriksa semua dokumen terkait yang ada di RSUHD serta menanyakan langsung kepada pasien tentang pelayanan dari pihak rumah sakit kepada mereka,” jelas dr Kurniawati L Khalik mewakili rekan-rekannya.
Salah satu contoh yang akan ditanyakan kepada pasien adalah pelayanan yang diterima pasien, memuaskan atau tidak. “Kepuasan pasien itu bisa diketahui dari pelayanan RSUD seperti memeriksa identistas dan mengecek obat pasien selama pasien dirawat,”  tambah dr Kurniati.

Tim Kemenkes ini akan berada di BS selama 3 mulai kemarin sampai besok untuk penilaian RSUD tersebut.  Setelah itu hasil penilaian akan mereka bawa ke Jakarta untuk kemudian akan ditentukan oleh pemerintah pusat apakah RSUDHD layak naik kelas atau tidak. “Kami hanya membawa hasil penilaian kami sedangkan penentuan status itu dari pusat yang diperkirakan satu bulan ke depan akan keluar,” terangnya.

Sementara itu Sekkab BS, Zainal Abidin Merahli dalam kata sambutannya pada acara pembukaan penilaian akreditasi RSUDHD Manna, kemarin, mengatakan kalau Pemkab BS sangat berharap dari hasil penilaian itu nanti RSUDHD Manna BS dapat naik tingkat dari akreditasi C menjadi akreditasi B. “Harapan kami dan juga warga BS agar RSUDHD Manna ini mendapat nilai yang baik,” harapnya.

Sedangkan Direktur RSUDHD Manna, dr Rika Purnamasari mengatakan kalau rumah sakit yang dipimpinnya itu sudah siap diuji kelayakannya baik itu pelayananan maupun administrasi pelayan kepada pasien. Sehingga dengan turunnya tim dari Kemenkes ini, dirinya optimis kalau RSUDHD mampu mendapatkan nilai yang baik sehingga harapan peningkatan ke status RSUDHD dapat diraih. “Semua item yang akan diperiksa oleh tim akreditasi sudah kami siapkan, dan mudah-mudahan hasilnya penilaiannya juga baik,”  harapnya.(369)