Tim Irjen Kemristekdikti Monev Unib

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dipenghujung tahun 2018, Tim Inspektorat Jenderal Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) melakukan monitoring dan evaluasi (monev) ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Bengkulu (Unib). Tim yang dikoordinir Kepala Bidang Perencanaan, Ferdi Kristiansyah ini, tiba di Bengkulu, Kamis (6/12/18) dan dalam beberapa hari kedepan berada di Bengkulu, untuk melihat langsung area yang menjadi tugas pokok dan fungsi (tupoksi) pengawasannya.

“Kedatangan kita dalam rangka pembinaan,” ungkap Ferdi kepada BE, disela-sela peninjauan ruang Unit Layanan Terpadu yang dirintis Unib tersebut.

Ferdi dan rombongan memantau bagaimana reformasi birokrasi yang telah dilaksanakan Unib sehingga mampu membangun tata kelola pemeritahan yang bersih, efektif, demokrasi dan terpercaya, serta mewujudkan iklim birokrasi perguruan tinggi yang bersih dan bebas dari korupsi, serta wilayah birkorasi bersih dan melayani melalui reformasi birokrasi.

”Ada enam area yang harus dibangun dan ditinjau seperti manajemen perubahan, penata tata laksana, akuntanbilitas, Sumber Daya Manusia, Pengawasan dan kualitas pelayanan publik. Kami ingin melihat kinerja reformasi birokrasinya ini apakah sudah memenuhi enam area itu,” ujarnya.

Dari kunjungan yang dilakukan, tim Kemenristekdikti tersebut menilai beberapa area, seperti di unit layanan publik dan reformasi birokrasi di PTN ini sudah cukup baik. Hasil monitoring terseebutt menjadi bahan acuan penilaian yang diterbitkan pada 2019.

”Seperti diketahui dalam beberapa kurun waktu tahun terakhir Unib, telah menunjukkan reformasi birokrasi yang sangat bagus dan semoga bisa ditingkatkan lagi,” tandasnya. (247)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*