Tim BPBD dan Warga Bengkulu Selatan Gotong Royong Bersihkan Tanah Longsor

ASRI/BE
GOTONG- ROYONG: warga Desa Air Kemang, Pino Raya, bersama anggota BPBD bergotong royong membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan Jumat (16/10) dan Sabtu (17/10).

PINO RAYA, BE – Tanah longsor yang yang menutupi badan jalan menuju Desa Air Kemang, Pino Raya dibersihkan secara bergotong-royong. Kegiatannya dilakukan warga setempat bersama anggota badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Bengkulu Selatan (BS). Longsoran tanah perlu dibersihkan. Sebab, menutupi seluruh badan jalan, telah menyebabkan akses lalu lintas ke desa tersebut terputus.

“Kami bersama BPBD bergotong-royong membersihkan tanah longsor yang menutupi jalan ke desa kami,” Toni, salah satu tokoh pemuda desa setempat.

Dikatakan Toni, longsor terjadi Kamis (15/10) malam. Hal itu akibat hujan turun yang terus mengguyur wilayah BS beberapa hari sebelumnya. Tidak hanya tanah, batu, kayu hingga rumpun bambu menutupi badan jalan. Kemudian, Jumat (16/10) pagi petugas dari BPBD BS turun ke lapangan. Bersama warga tim BPBD bergotong royong membersihkan longsoran tanah itu.

“Alhamdulillah, saat ini akses lalu lintas sudah normal kembali,” ujarnya.

Kepala BPBD BS Yarusdi SSos yang turun langsung ke lokasi dan ikut bersama warga membersihkan material mengaku saat ini sedang musim penghujan. Dirinya mengimbau warga dapat lebih waspada. Terutama yang sedang melintas di jalan raya yang rawan terjadi longsor seperti di daerah tersebut, kemudian sepanjang jalan di kawasan kecamatan Ulu Manna dan titik-titik lainnya.

“Saya imbau warga agar lebih waspada saat melintas agar tidak tertimpa longsor. Jika terjadi longsor segera laporkan, agar kami segera turun untuk secepatnya mengevakuasinya,” imbau Yarusdi. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*