Tiket Masuk Pantai Pasar Bawah Rp 10 Ribu

terbalik-para-nelayan-dan-masyarakat-setempat-saat-berusaha-perahu-nelayan-yang-terbalik-di-pantai-linau-akibat-dihantam-ombak-kamis-small
Foto : IST

PASAR MANNA BENGKULU SELATAN, Bengkulu Ekspress – Warga yang akan berlibur ke pantai pasar bawah usai hari raya idul fitri, harus menyiapkan uang. Pasalnya, pengelola kawasan obyek wisata pantai pasar bawah, akan mewajibkan pengunjung membayar uang retribusi masuk pantai.

“ Untuk masuk kawasan obyek wisata pantai pasar bawah, kami kenakan tariff retribusi Rp 10 ribu per orang, kata Juhin ketua Pokdawis Pantai Pasar Bawah kepada Bengkulu Ekspress, Senin (11/6).

Juhin mengatakan, adanya tarif tersebut, lantaran untuk mengelola obyek wisata ini, pihaknya diwajibkan menyetorkan pendapatan asli daerah (PAD) ke Pemda Bengkulu Selatan. Adapun PAD yang disetor sebesar Rp 67 juta. Pengelolaan obyek wisata selama idul fitri tahun ini selama 4 hari yakni mulai hari raya idul fitri, Jum’at (15/6) hingga Senin (18/6). Sehingga biaya retribusi yang diambil tersebut untuk membayar PAD dan juga uang lelah bagi pihaknya yang mengelolahnya.

“ Besaran retribusi ini sudah kami sampaikan ke pemda Bengkulu Selatan melalui dinas pariwisata,” ujarnya.

Juhin menambahkan, dengan adanya retribusi tersebut, pihaknya juga menyuguhkan hiburan organ tunggal dengan artis lokal bagi pengunjung. Sehingga para pengunjung tidak hanya dapat menikmati indahnya pantai pasar bawah, namun dapat mendengarkan hiburan di atas panggung yang disediakan. Selain itu, kawasan obyek wisata ini, juga akan menjadi lokasi pusat perbelanjaan.

Pasalnya, pihaknya menyiapkan sedikitnya 40 lapak bagi pedagang. Lapak tersebut berukuran 3×6 meter dengan sewa Rp 300 ribu per lapak.“ Insya allah selama di pantai pasar bawah, kami akan siapkan hiburan dan menjadikannya pusat perbelanjaan,” demikian Juhin. (369)