Tiga SMP Siap UNBK

 SIAP: Siswa-Siswi SMPN 1 BS fokus mengikuti latihan ujian menggunakan komputer, sehingga mereka siap mengikuti UNBK.
SIAP: Siswa-Siswi SMPN 1 BS fokus mengikuti latihan ujian menggunakan komputer, sehingga mereka siap mengikuti UNBK.

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bengkulu Selatan (BS), H Darmin SE mengatakan pada tahun 2018 ini, ada tiga sekolah yang akan menyelenggarakaan Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK).

“Tahun lalu, SMPN 1 Bengkulu Selatan yang sudah melaksanakan UNBK, tahun ini kami usulkan 2 sekolah lagi yakni SMPN 13 dan SMPN 5 Bengkulu Selatan, sehingga pada UN tahun ini ada 3 SMP yang siap UNBK,” katanya.

Darmin mengatakan, pada tahun ini ada 41 SMP dan MTS di Bengkulu Selatan dengan peserta UN 2.984 siswa. Dari jumlah tersebut 33 SMPN Negeri, 3 MTsN, 3 SMP swasta dan 2 MTs Swasta. Dari jumlah tersebut ada 5 sekolah yang tidak dapat melaksanakan UN sendiri. Pasalnya siswa peserta UN di sekolah itu kurang dari 20 siswa. Kemudian ke-5 sekolah ini nginduk ke sekolah lain. Ke-5 sekolah tersebut SMPN 25, SMPN 23, SMPN 27, SMPN 32 dan MTs Makrifatul Ilmi. Adapun pelaksanaan UN dimulai April atau Mei mendatang.

“Sekolah lain masih secara manual, untuk sekolah yang akan menggelar UNBK segera persiapkan segala peralatannya, agar saat pelaksanaan tidak ada kendala,” ujarnya.

Kepala SMPN I Bengkulu Selatan, Nasrul Effendi, M.Pd mengatakan, sekolahnya sudah melaksanakan UNBK sejak tahun lalu, sehingga semua peralatan komputer sudah siap. Sedangkan siswa peserta UNBK di sekolahnya mencapai 216 siswa.

“Anak-anak kami sudah siap UNBK, anak kami selalu kami latih melaksanakan ujian menggunakan komputer,” ujarnya.

Kepala SMPN 5 Bengkulu Selatan, Marnaini, M.Pd juga mengaku sekolahnya siap menggelar UNBK. Sekolahnya sudah menyiapkan 35 unit Komputer yakni 21 unit bantuan Kemendikbud 2017 lalu dan 14 unit lagi komputer aset sekolah. Untuk kekurangan Komputer, pihaknya siap meminjam 9 unit komputer dari SMAN 9 Bengkulu Selatan yang lokasinya berdekatan dengan SMPN 5 Bengkulu Selatan. Selain itu,di sekolah juga sudah ada jaringan internet dengan kemampuan 10 Mbps dan jaringan listrik dengan kemampuan 5.500 watt.

“Kami sudah mengusulkan agar sekolah kami bisa melaksanakan UNBK, anak-anak kami sudah siap melaksanakannya dengan selalu latihan di sekolah,” ujar Marnaini. (369)