Tiga SMP Buka Kelas Olahraga

Zainal Azmi
Zainal Azmi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sedikitnya tiga sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Kota Bengkulu, membuka kelas khusus olahraga pada tahun ajaran 2018/2019, kali ini. Kelas olahraga dibuka di SMPN 2, SMPN 18 dan SMPN 16 di Betungan. Kelas khusus olahraha ini diperuntukkan bagi siswa/siswi yang memiliki bakat dan prestasi olahraga.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Drs Zainal Azmi MTPd menuturkan, kelas olahraga ini berbeda dengan kelas reguler. Tujuan dari pembukaan kelas khusus ini, untuk memudahkan pembinaan bagi bibit olahraga di Kota Bengkulu, sehingga dalam pelaksanaan lomba olahraga sekolah ini mumpuni mewakili Kota Bengkulu.

“Kelas olahraga ini untuk siswa/siswi SD yang berprestasi bidang olahraga. Karena mereka banyak berlatih di luar sekolah, agar tidak memicu rasa cemburu dengan siswa lainnya, maka kelas olahraga harus dibuat khusus, ” bebernya.

Kurikulum kelas olahraga biasanya sama dengan kelas reguler, tetapi waktunya fleksibel. Guru memastikan para siswa kelas olahraga tetap mendapatkan pelajaran walau siswa nantinya melaksanakan kegiatan di luar sekolah.  Kepala SMPN 2 Kota Bengkulu melalui Panitia Seleksi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Kelas Olahraga Lubis menuturkan, penerimaan siswa kelas khusus olahraga dilakukan melalui seleksi piagam penghargaan, serta tes kemampuan bakatnya.

“Semua cabang olahraga diterima di kelas olahraga. Hanya bliiar dan golf saja yang belum diakomodir,” bebernya.

Pendaftaran kelas khusus olahraga di tga SMP itu, sudah dibuka dan berakhir pada 27 juni 2018. Calon siswa dapat mendaftar melalui laman http://www88.zippyshare.com. Kemudian membawa bukti pendaftaran online itu, bersama persyaratan lainnya seperti fotokopi ijazah, dan kartu keluarga beserta piagam penfhargaan dibidang olahraga ke sekolah yang dituju untuk diseleksi.  “Hingga hari ini pendaftar masih nihil. Mungkin karena masih suasana lebaran,” terang lubis.

Di SMPN 2 Kota Bengkulu, kelas khusus olahraga dibuka hanya untuk dua kelas. Jika calon siswa telah terpenuhi dan dinyatakan lolos berkas. Maka calon siswa menjalani tes fisik pada 29 Juni mednatang. Seleksi kemampuan keberbakatan dilakukan sesuai degan piagam yang dilampirkan saat pendaftaran. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*