Tiga Sekolah RSBI Dihapuskan

ARGA MAKMUR, BE – Keluarnya putusan mahkamah konstitusi (MK) tentang penghapusan rintisan sekolah bertaraf Internasional (RSBI) juga berimbas kepada sekolah-sekolah RSBI yang ada di kabupaten. Tiga sekolah RSBI yakni SMKN 1 Arga Makmur, SMKN 2 Arga Makmur, dan SMAN 1 Arga Makmur status RSBI-nya sudah dihapuskan.

Kadispendik Haryadi SPd MM menjelaskan tiga sekolah RSBI tersebut sudah dihapuskan dan tahun ajaran baru siapa saja calon siswanya dan berasal dari mana saja bisa mendaftar. “Biarkan masyarakat yang menilai, untuk saat ini memang sudah tidak ada lagi RSBI. Tinggal bagaimana sekolah itu sendiri yang memberikan mutu terbaik karena setiap sekolah memiliki hak yang sama untuk meningkatkan mutu pendidikan,” jelas haryadi.

Dibeberkannya, bahwasannya sekolah tidak diperbolehkan lagi memungut biaya SPP lagi. Apalagi sebelum penghapusan RSBI ini sekolah RSBI memang terkenal dengan biaya sekolah tinggi dibandingkan sekolah lainnya dan kebanyakan siswanya berasal dari kalangan orang yang berada, “Kita sangat mendukung penghapusan itu agar tidak ada lagi perbedaan dari segi materi dan hak siswa semuanya sama,” tegasnya. (117)