Tiga Ruko di Pasar Bang Mego Kabupaten Rejang Lebong Hangus Terbakar

Ary/BE Petugas dibantu warga saat berusaha memadamkan api yang membakar tiga ruko di Jalan M Hasan Kelurahan Kepala Siring Kota Curup Sabtu (29/8) malam.
Ary/BE
Petugas dibantu warga saat berusaha memadamkan api yang membakar tiga ruko di Jalan M Hasan
Kelurahan Kepala Siring Kota Curup Sabtu (29/8) malam.

 

CURUP, BE – Kebakaran hebat terjadi di Jalan M Hasan Kelurahan Kepala Siring, Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong, pada Sabtu (29/8) malam. Kebakaran di deretan ruko di sebelah kanan Pasar Bang Mego tersebut menghanguskan tiga unit ruko.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun tiga ruko yang terbakar antara lain, Toko Sesuai Elektronik milik Aliong (68) warga Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Curup, Kemudian Toko Subur milik Atong (67) warga DI Panjaitan Kelurahan Talang Bening dan Toko Mulya Bangunan mlik Ayek (68) warga Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Curup. Selain ketiga ruko tersebut Ruko Kecil milik Bisin (54) warga Jalan M Hasan Kelurahan Kepala Siring juga ikut terbakar.

Berdasarkan pantauan Bengkulu Ekspress, api mulai membakar tiga ruko sekitar pukul 21.30 WIB. Api begitu cepat menjalar mengingat ketiga ruko tersebut adalah bangunan yang masih terbuat dari kayu, belum lagi material yang berada didalam ruko cepat terbakar seperti toko subur yang menjual bahan-bahan pelastik, toko sesuai yang menjual perlengkapan elektornik dan toko mulya yang menjual bahan-bahan bangunan yang terdapat bahan kimia mudah terbakar seperti tiner.

Bahkan dalam kejadian tersebut beberapa kali terdengar suara ledakan. Dalam kebakaran tersebut petugas pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Rejang Lebong tampak kualahan memadamkan api,setelah sekitar 2 jam dan seluruh isi dan bangunan ruko terbakar api berangsur padam dan petugas PBK hingga pukul 02.00 WIB masih melakukan upaya tindakan yaitu memadamkan

karena didalam reruntuhan bangunan api masih ada.
Aliong salah satu korban kebakaran saat ditemui dilokasi menjelaskan bahwa toko miliknya saat
malam hari memang ditinggalkan kosong. Ia mengetahui tokonya terbakar setelah mendapat telepon
dari tetangga tokonya.

“Tadi saya masih dirumah, kemudian ditelpon tetangga ruko ini bahwa ruko kami terbakar,” ungkap
Aliong.

Mendapat informasi tersebut, Aliong kemudian bergegas ketoko miliknya, saat sampai ditoko miliknya ia langsung membuka pintu toko, saat dibuka api sudah membesar dibagian dalam toko, sehingga ia hanya bisa menyelamatkan beberapa alat elektronik yang ia jual

“Saya tidak tahu api berasal dari mana, karena saat saya buka pintu toko api sudah besar dan saya berusaha menyelamatkan beberapa barang saya,” cerita Aliong.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Dheny Budhiono, SIK MH melalui Kasubag Humas AKP S Simarmata menjelaskan diduga kuat kebakaran yang menghanguskan tiga Ruko tersebut akibat dari konsleting listrik di ruko kecil milik Bisin yang ada disebelah toko Sesuai Elektronik.

“Dari keterangan sejumlah saksi, awalnya asap terlihat keluar dari ruko kecil milik korban bisin, setelah itu menjalar ketiga ruko lainnya,” terang Kasubag Humas.Meskipun dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa namun kerugian yang disebabkan oleh kebakaran tersebut ditaksir lebih dari Rp 1 miliar karena seluruh bangunan Ruko dan isinya hangus terbakar.

Disisi lain, kejadian tersebut sontak menjadi perhatian masyarakat Kota Curup, hal tersebut terlihat dari ramainya masyakarakat yang ingin melihat langsung kebakaran tersebut bahkan kerumuman masyarakat sesekali juga sempat menyulitkan petugas untuk masuk ke lokasi kebakaran.  (251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*