Tiga Provinsi Sabet Penghargaan Layanan Perijinan Investasi

JAKARTA – Provinsi Jawa Timur, Sumatera Selatan dan Jawa Barat berhasil meraih penghargaan Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu di Bidang Penanaman Modal (PTSP-PM). Penghargaan itu dianugerahkan, Senin (12/11), di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal RI.
Selain tingkat provinsi, penghargaan juga diberikan untuk tingkat kabupaten/kota. Kabupaten yang masuk tiga besar adalah  Sragen, Purwakarta dan Trenggalek. Sedangkan untuk tingkat kota adalah Palembang, Semarang dan Salatiga.

Sebelum pemilihan tiga besar, juga diberikan penghargaan kepada provinsi/kabupaten/kota yang masuk nominasi. Untuk nominasi tingkat provinsi yakni, Jatim, Lampung, Sumsel, Aceh, Jambi, Banten, Jabar, Jateng, NTB dan Riau. Untuk tingkat kota nominasinya antara lain Banda Aceh, Bandar Lampung, Palembang, Pekalongan, Pontianak, Salatiga, Serang dan Semarang.

Sedangkan untuk tingkat kabupaten yang masuk nominasi adalah Aceh Besar, Bangka, Gresik, Indramayu, Karanganyar, Kendal, Klaten, Kubu Raya, Kudus, Magelang, Majalengka. Kemudian, Purbalingga, Purwakarta, Semarang, Sidoarjo, Sijunjung, Sragen, Tangerang, Trenggalek dan Wonosobo

Kepala BKPM, M. Chatib Basri dalam sambutannya berharap pemerintah provinsi/kabupaten/kota juga dapat berkontribusi dalam mencapai target peningkatan investasi ke Indonesia. “Saya berharap adanya kompetisi di antara Pemkab dan Pemkot. Ini akan membuat pelayanan yang lebih baik,” katanya.

Dia juga berharap daerah yang memenangkan award tersebut bisa menjadi contoh bagi daerah lain yang belum menang, termasuk BKPM sendiri. “Untuk mencontoh langkah yang diambil, dalam rangka perbaikan dan pelayanan investasi. Kami juga akan berusaha semaksimal mungkin,” ujarnya.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dalam kesempatan sama menyatakan, saat ini sudah 445 pemda (80 persen) baik provinsi/kabupaten/kota yang melaksanakan PTSP-PM.  “Ini terjadi peningkatan setiap tahun. Artinya, daerah semakin serius meningkatkannya juga,” kata Gamawan.

Ia juga menyatakan, PTSP-PM merupakan salah satu usaha untuk memperbaiki iklim usaha dan bisnis Indonesia. Pemberian penghargaan itu dihadiri para gubernur/bupati/wali kota atau yang mewakili. Hadir pula Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Kehutanan, Zulkifli, Menteri Perdagangan Gita Wiryawan, Menteri Perumahan Rakyat Djan Farid, Kepala BKPM Muhamad Chatib Basri serta para undangan lainnya. (boy/jpnn)