Tiga Orang Negatif, Hasil Swab Pertama

ASRI/BE
PINDAHKAN: Petugas memindahkan 3 warga yang sudah negatif dari lokasi isolasi mandiri di rumahnya ke rumah neneknya, Rabu (3/6) malam.

KOTA MANNA, Bengkuluekspress.com – Dari 8 orang warga Bengkulu Selatan (BS) yang sebelumnya dinyatakan positif terpapar Covid-19 atau korona, saat ini sebagian sudah keluar hasil swab evaluasi pertama, dan hasilnya negatif.

“Hasil swab evaluasinya kami terima, Rabu (3/6) sore, ada 3 orang yang sudah negatif,” kata Kepala Dinas Kesehatan BS, Siswanto SSos MSi.

Dikatakan Siswanto, ke-3 orang negatif tersebut yakni Rs (44), Pa (17) dan Am (12), warga Kelurahan Pasar Bawah, Pasar Manna. Hanya saja, sambung Siswanto, meskipun hasil swab evaluasi pertama ini negatif, namun belum bisa dipastikan mereka sembuh dari Covid-19.

Sebab harus dilakukan satu kali lagi swab evaluasi atau swab evaluasi kedua. Sehingga, jika dari hasil swab evaluasi kedua nanti tetap negatif, maka bisa dipastikan ke-3 orang tersebut sembuh dari Covid-19.

“Untuk pengambilan sampel swab evaluasi ke-2 terhadap ke-3 orang yang negatif hasil swab evaluasi pertama yakni besok (hari ini, red),” ujarnya.

Siswanto memambahkan, untuk ke-3 warga yang negatif tersebut, mulai Rabu (3/6) malam sudah tidak lagi menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Mereka pindah ke rumah neneknya di Kelurahan Ketapang.

Sedangkan untuk 5 warga yang sebelumnya dinyatakan positif, sampai saat ini hasil swabnya belum keluar, sehingga belum tahu apakah sudah negatif atau masih positif.

“Untuk lima orang lagi masih menunggu has swabnya,” beber Siswanto.

Untuk diketahui, sebelumnya ada 8 orang warga BS tertular covid-19. Ke-8 orang tersebut yakni Mt (44) warga kelurahan pasar bawah. Kemudian bertambah 4 anggota keluarganya yakni Rs (44), Pa (17), Tps (8) dan Am (12). Ke-4 orang ini diduga tertular dari Mt.kemudian satu orang lagi yakni Nr, Pegawai salah satu puskesmas di BS,warga kelurahan Tanjung Mulia, Pasar Manna.

Lalu SB (50) warga Desa Pagar Dewa,Kota Manna serta Rk(26) warga Kelurahan Tanjung Mulia, Pasar Manna. Namun saat ini sudah ada 3 orang yang hasil swabnya negatif yakni Rs, Pa dan Am. Sedangkan 5 orang lainnya belum keluar hasil swabnya. Ke-5 orang tersebut yakni MT, Tps, Nr, Sb dan Rk.

“Mudah-mudahan hasil swab evaluasi ke-5 orang tersebut segera keluar dan negatif juga,” harap Siswanto.

Dengan sudah banyaknya warga BS tertular korona, Kepala Dinas Kesehatan BS, Siswanto SSos meminta warga BS selalu mematuhi imbauan pemerintah agar Covid-19 tidak lagi menyebar di BS.

Diantaranya saat bepergian selalu pakai masker, selalu rajin cuci tangan pakai sabun, jarak jarak dan hindari kerumunan. “Jika kita disiplin semua, saya optimis, warga BS yang tertular Covid-19 tidak akan bertambah lagi,” tandas Siswanto. (369)