Tiga Kecamatan jadi Proyek Percontohan Akte kelahiran

Gunawan Suryadi SSos MAP

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Kepala Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Bengkulu Selatan (BS), Gunawan SSos MAP mengatakan, mulai saat ini, pihaknya terus mengupayakan agar anak-anak di BS memiliki akte kelahiran.

“ Untuk memastikan semua anak-anak di BS memiliki akte kelahiran, kami menjadikan 3 kecamatan sebagai pilot project,” katanya.

Gunawan mengatakan, ke-3 kecamatan yang menjadi pilot project tersebut yakni Kecamatan Air Nipis, Pino Raya dan Bunga Mas. Sehingga ke depan diharapkan, anak-anak di 3 Kecamatan tersebut tidak ada lagi yang tidak punya akte kelahiran.

“Perlunya akte kelahiran ini sebagai bentuk upaya perlindungan terhadap anak,” ujarnya.

Gunawan menambahkan dari 3 Kecamatan tersebut, tidak semua desa-desa dalam kecamatan itu menjadi pilot project. Namun hanya ditetapkan 15 Desa dari 3 kecamatan itu. Untuk pilot project ini, pihaknya bekerja sama dengan pihak Wahana Fiksi Indonesia. Sehingga nanti dari 15 desa itu, semua anak-anak harus sudah ada akte kelahirannya.

Dengan begitu, diharapkan nantinya semua anak-anak di 11 kecamatan dan 142 desa dan 16 kelurahan se BS, ada akte kelahirannya. “Setelah suskes di 15 desa dalam 3 kecamatan tersebut, program pembuatan akte kelahiran ini, juga dilakukan di desa lainnya, sehingga 142 desa dan 16 kelurahan di BS,” terang Gunawan. (369)