Tiga Item Belanja di Benteng Bakal Dipangkas

Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Bappeda Benteng, Hertoni Agus Satria SE

BENTENG,bengkuluekspress.com– Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini masih belum menyelesaikan rumusan untuk melakukan pengurangan anggaran atau belanja di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dari usulan yang disampaikan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Benteng, ada beberapa item belanja yang menjadi prioritas untuk dikurangi atau dipangkas. Yaitu, kegiatan bimbingan teknis (Bimtek), makan dan minum (Makmin) serta biaya perjalanan dinas. Baik itu perjalanan dinas dalam daerah ataupun ke luar daerah.
“Ada 3 item yang kami usulkan untuk menjadi prioritas pengurangan anggaran. Akan tetapi, keputusannya nanti ditetapkan bersama TAPD,” kata Kepala Bappeda Benteng, Nirzawan SH MSi, melalui Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan, Hertoni Agus Satria SE.

Meskipun menjadi kebutuhan bagi ASN dalam meningkatkan kualitas SDM dan pengetahuan, kata Toni, ketiga item belanja tersebut kurang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.
“Itu hanya prioritas. Teknis pengurangan nanti tetap melalui verivikasi Bappeda. OPD boleh memilih alternatif belanja lain untuk dicoret. Hanya saja, jangan menghapus kegiatan yang bersentuhtuhan langsung dengan masyarakat ataupun program yang sejalan dengan visi dan misi Bupati,” tandasnya.(135)