Tiga Event Masuk Kalender Nasional, Gubernur Bengkulu Targetkan Tambah 2 Event Lagi

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) merilis 100 atraksi wisata terbaik yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia yang dirangkum dalam 100 Calendar of Events 2020, diantaranya ada 3 event di Bengkulu pada 100 CEO 2020 tersebut.

“Alhamdulillah sudah ada tiga event yang masuk dalam Calendar of Events (CoE) National Kemenpar RI Tahun 2020, yakni Festival Bumi Raflesia, Festival Tabut dan Festival Pesisir Pantai Panjang,” jelas Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah,di Grage Hotel Bengkulu, Rabu (16/10).

Untuk tahun depan, lanjut Rohidin, diupayakan menambah dua event lagi agar masuk dalam CoE National tersebut, yakni Sport Tourism of Bencoolen dan Bencoolen Marine Festival.

“Akan kita perjuangkan agar masuk juga di CoE. Kalau ada lima event yang masuk menjadi pergerakan kepariwisataan Bengkulu,” katanya.

Mantan Wakil Bupati Bengkulu Selatan itu menambahkan, CoE ini seharusnya juga dibarengi dengan event-event yang ada di kabupaten-kabupaten, walaupun baru mulai mestinya harus benar-benar dirancang. Minimal setiap daerah memiliki satu event. Jika digabungkan ada 10 event dari 9 kabupaten dan 1 kota di Bengkulu, ditambah dengan Provinsi lima event, jadi ada 15 event.

“Untuk event di kabupaten itu kalau benar-benar diangkat dan bisa masuk ke level provinsi dan juga masuk di Calendar of Events itu lebih bagus, tapi itu jika sudah mapan di tingkat kabupatennya,” pesan Rohidin.

Rohidin berharap dengan adanya lima event di Provinsi Bengkulu nantinya bisa berdampak dengan meningkatnya pertumbuhan perekonomian masyarakat Bengkulu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Irsan Setiawan mengatakan, tiga event yang masuk kalender wisata nasional itu memang diusulkan langsung dari Pemprov Bengkulu ke Pusat. “Kita mengusulkan tiga event untuk masuk CEO 2020, alhamdulilah disetujui semua. Ini momentum yang bagus dalam mendongkrak kunjungan wisatawan ke Bengkulu,” ujar Irsan.

Sedangkan dalam kalender event Kementerian Pariwisata 2019 lalu, Bengkulu hanya menyumbang dua kegiatan, yaitu Festival Bumi Rafflesia dan Festival Tabut. “Tahun depan, penyelenggaraan ketiga festival itu akan dikemas sebaik mungkin agar dapat menjadi event kebanggaan masyarakat Bengkulu,” ucapnya.

Irsan melanjutkan, sebenarnya ada banyak event di Bengkulu yang layak ditonton wisatawan. Karena itu, tahun depan, pihaknya akan melihat berbagai kelemahan dan keunggulan dari pelaksanaan kegiatan wisata tersebut.(HBN)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*