Tiga Bulan Ke Depan Kondisi Sudah Normal


ASRI/Bengkulu Ekspress SERAHKAN: Gubernur Bengkulu didampingi Plt Bupati BS saat menyerahkan bantuan kepada korban bencana di Desa Ketaping, Manna, Selasa (7/5).

Gub Bantu Korban Bencana di Bengkulu Selatan

MANNA, Bengkulu Ekspress– Warga Desa Ketaping, Manna, Bengkulu Selatan (BS) dikunjungi orang nomor satu di Provinsi Bengkulu yakni Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA. Dalam kunjungannya ke Ketaping dengan didampingi para pejabat Provinsi, Rohidin tidak hanya mengingatkan para korban bencana agar sadar dengan cobaan tersebut. Namun dirinya juga memberikan bantuan.

“Semoga bantuan ini bisa membantu meringankan beban para korban bencana,” katanya saat bertemu langsung warga korban bencana di Desa Ketaping, Manna, Selasa (6/5).

Dalam kesempatan tersebut, Rohidin memberikan bantuan berupa sembako dan peralatan rumah tangga. Dirinya juga menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp 3 juta per rumah. Bahkan dikatakannya selain itu, ada juga bantuan dari Bank Bengkulu yang besarnya Rp 26 kita untuk 13 korban bencana atau masing-masing menerima bantuan sebesar Rp 2 juta. “Kalau nilainya tidak seberapa, semoga ada manfaatnya,” ujarnya.

Rohidin menambahkan, untuk masa tanggap bencana sudah berakhir, saat ini masa pemulihan, dirinya menargetkan, beberapa bulan ke depan, semua kembali normal kembali. “Kita menargetkan masa pemulihan ini hingga 3 bulan ke depan sudah normal seperti semula,” ujarnya.

Oleh karena itu, Rohidin meminta Pemda Bengkulu Selatan dapat mendata semua korban bencana di Bengkulu Selatan, sehingga nanti, bisa diperbaiki. Untuk biaya perbaikan diharapkan adanya kolaborasi antara Pemda Bengkulu Selatan, bersama Pemda Provinsi dan pemerintah pusat serta para badan usaha baik negara atau daerah maupun milik swasta. Sehingga kerusakan akibat bencana segera bisa diatasi.

“Ayo kita saling bahu membahu agar kerusakan akibat bencana segera diatasi, untuk perbaikan fasilitas umum dan juga kerugian yang diderita warga akibat bencana alam akan kita upayakan anggarannya dari pusat,” terang Rohidin.

Mulyadi, salah satu korban bencana alam warga desa Ketaping yang rumahnya rusak akibat dihantam banjir, mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut. Dirinya mengaku bantuan yang disalurkan Pemda Provinsi sangat bermanfaat bagi dirinya dan warga lainnya. “Kami sangat berterima kasih atas bantuan ini, sebab sangat bermanfaat bagi kami dalam kondisi saat ini,” ujarnya.

Pelaksana tugas (PLT) Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi SE MM mengucapkan terima kasih atas kepedulian Gubernur Bengkulu kepada korban bencana alam di Bengkulu Selatan. Korban bencana di Bengkulu Selatan yang paling parah yakni di Desa Ketaping, Manna ada 13 rumah yang rusak,di RT 02 kelurahan pasar bawah ada 6 rumah dan di Desa Batu Kuning, Pasar Manna ada 2 rumah. Dengan adanya bantuan tersebut, dirinya mengaku warga sangat terbantu. “Atas nama warga Bengkulu Selatan dan Pemda Bengkulu Selatan, saya mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pak Gubernur terhadap korban bencana di Bengkulu Selatan,” ujarnya.

Gusnan juga mengatakan, saat ini dirinya sudah memerintahkan instansi terkait untuk melakukan pendataan terhadap korban Bencana. Sehingga nanti diusulkan ke Pemda Provinsi agar bisa dilakukan rehabilitasi.Sehingga kondisi rumah warga yang rusak bisa segera dibangun kembali, begitu juga dengan jembatan yang ruaak bisa diperbaiki kembali.



” Secepatnya kami akan melakukan pendataan kerusakan akibat bencana, setelah itu data tersebut akan kami sampaikan ke Pemda Provinsi, ” demikian Gusnan.

Dari pantauan Bengkulu Ekspress, rombongan Gubernur Bengkulu bersama para pejabat Pemda Provinsi dan PLT Bupati v bersama pejabat Bengkulu Selatan usai menyerahkan bantuan ke korban bencana alam di Desa Ketaping, mereka lalu menyerahkan bantuan ke korban bencana di rt02 kelurahan pasar bawah, pasar Manna. Setelah itu dilanjutkan penyerahan bantuan ke korban bencana alam di Desa Batu Kuning, Pasar Manna. (369)