Tiga Besar, Segera Diumumkan

Foto : Ist

Ketua Pansel Diganti

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Seleksi pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu masih berlanjut. Namun, Ketua Panitia Seleksi (Pansel) sebalumnya Hamka Sabri digantikan oleh Rektor Universitas Bengkulu (Unib), Ridwan Nurazi.  Sebelumnya, Ketua Pansel dijabat oleh Sekdaprov Bengkulu Nopian Andusti dan beralih ke Hamka Sabri. Pergantian itu dilakukan lantaran Hamka Sabri sebagai Asisten II Setdaprov difokuskan untuk menyelesaikan persiapan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) ke-X se-Sumatera di Bengkulu.

Meski ada pergantian dua kali Ketua Pansel, proses seleksi tetap berjalan. Saat ini, para peserta seleksi jabatan eselon II sedang melakukan tes wawacara. Tes wawacara yang diperkiran akan memakan waktu sekitar 4 hari ke depan, dan Pansel menyakini akhir bulan ini 3 besar sudah ditentukan.

“Akhir bulan ini targetnya sudah dapat 3 besar,” ujar Ketua Pansel, Ridwan Nurazi kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (25/3).

Dijelaskannya, dalam menentukan tiga besar nanti, tim Pansel akan memberikan penilaian secara global, baik dari hasil penelusan makalah, asesmen maupun tes wawancara.  “Kalau ada molor-molor sedikit itu biasalah,” tambahnya.  Ketika telah mendapatkan tiga besar, maka nama-nama tersebut akan diserahkan kepada Gubernur Bengkulu. Nantinya gubernur akan menentukan satu pejabat yang menduduki jabatan eselon II tersebut.



“Nanti yang memilih satu itu pengguna, yaitu gubernur,” terang Ridwan.

Setelah mendapatkan tiga besar dan diumumkan, pansel tidak lagi melakukan uji publik nama-nama tersebut. Meski tidak dibuka secara resmi, pansel tetap menerima jika ada laporan yang masuk, jika ada satu dari 3 nama itu terindikasi bermasalah.  “Bisa melapor, kami akan terima. Kalau sampai sekarang, belum ada laporan,” ungkapnya.
Menurut Ridwan, pansel akan tetap memberikan penilaian secara objektif. Sehingga nantinya bisa mendapatkan pejabat yang berkualitas.  “Semoga nantinya memperoleh ASN yang tepat,” tutup Ridwan. (151)