Tidak Semua Pemilik KTP Dukung Calon DPD

KOTA MANNA, BE – Dari hasil verifikasi dukungan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), ternyata ada beberapa pemilik fotocopy KTP yang menyatakan tidak mendukung calon yang bersangkutan, meski KTP mereka diserahkan sebagai pendukung.
Menurut sejumlah pemilik KTP yang verifikasi KPU, mereka tidak pernah merasa menyerahkan fotocopy TKP kepada calon yang bersangkutan. Hal ini disampaikan Iwan, salah seorang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)¬† Pasar¬† Manna saat menyerahkan hasil verifikasi anggotanya kemarin ke KPU BS kemarin. “Dari hasil verifikasi di Kecamatan Pasar Manna, ada beberapa pemilik fotocopy KTP membantah mendukung calon yang bersangkutan, ” katanya.
Namun Iwan mengaku tidak mengetahui jumlah pemilik KTP yang menolak mendukung calon DPD. Alasannya jika hasil verifikasi sudah diserahkan ke KPU. “Kalau jumlahnya saya lupa, tapi banyak, coba dicek di KPU karena sudah kami serahkan ke KPU, ” kilahnya.
Sementara itu, Ketua KPU BS Juli Hartono SE menyatakan, kemarin pihaknya sudah menerima berkas hasil verifikasi dukungan calon DPD di wilayah BS. Dukungan fotocopy yang disebarkan di 11 kecamatan sebanyak 514 fotocopy KTP untuk 13 calon DPD. Namun berkas hasil verifikasi itu belum sempat dicek.
Namun Juli mengaku, pemilik KTP yang mendukung calon sesuai dengan fotocopy KTP akan diketahui hari ini. Sebab pihaknya akan menggelar pleno hasil verifikasi dukungan calon DPD. Setelah itu akan hasil pleno akan disampaikan ke KPU Provinsi. “Kami belum mengetahuinya, memang dari keterangan PPK ada pemilik fotocopy KTP yang menolak memberikan dukungan kepada calon, tapi belum kami cek, besok (hari ini, red) akan diketahui kebenarannya. Sebab hasil verifikasi akan kami plenokan untuk kemudian disampaikan pada KPU Provinsi, ” terangnya. (369).