Tidak Mandi Lima Tahun

8851_7289__ilus-JAGAT

PARA petugas pemadam kebakaran di Nurtigen, kota kecil di dekat Stuttgart, Jerman, punya tugas berat. Sangat berat. Juga berbau.
Mereka harus mengeluarkan seorang lelaki yang sudah bertahun-tahun menderita obesitas. Lelaki itu berumur 65 tahun. Beratnya 160 kilogram. Saking beratnya, dia nyaris tidak bisa bergerak dalam lima tahun terakhir ini. Yang dia lakukan hanyalah tergolek di ranjang.
Karena tidak bisa bergerak, keluarganya tidak pernah memandikan pria yang tinggal sendirian di apartemen tersebut. Total sudah lima tahun pria itu tidak pernah membersihkan diri. Entah mandi atau aktivitas kebersihan yang berhubungan dengan hajat lain.
Maka, ketika si gendut tersebut tiba-tiba sesak napas kemarin, keluarganya kelabakan. Mereka tidak bisa mengangkat pria yang identitasnya tidak disebutkan itu ke rumah sakit. Jalan satu-satunya adalah mengundang tim penyelamat dari dinas pemadam kebakaran.
Menurut seorang petugas, bau apartemen –plus pria gendut tersebut– sangat busuk. Kamarnya kotor. Sampah menumpuk setinggi lutut. Mulai kotak piza, sisa makanan, kaleng minuman, kain-kain kotor, hingga sampah-sampah lain yang bisa Anda bayangkan sendiri.
Ketika proses evakuasi itu, para penyelamat harus mengenakan masker seperti saat bersiaga melawan serangan senjata kimia. Lantaran tidak ada pintu yang cukup, pria tersebut harus dilewatkan jendela samping apartemen.
Setelah proses penyelamatan usai, petugas kembali sibuk. Mereka harus membersihkan alat-alat yang dipakai untuk menggotong si gendut yang sudah setengah dekade tidak mandi itu. (Daily Mail/c6/dos)