Tidak Lulus UN, Siswa SMP Histeris dan Pingsan

tidak lulus UN smpSejumlah siswa sekolah menengah pertama (SMP) yang tidak lulus Ujian Nasional (UN) menangis histeris hingga jatuh pingsan di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Menurut data Dinas Pendidikan Bone, sebanyak 155 siswa dinyatakan tidak lulus pada tahun ini.

Setelah menerima pengumuman kelulusan, para siswa yang mengetahui dirinya tidak lulus langsung menangis sambil memeluk temannya. Tak jarang di antara siswa tiba-tiba jatuh pingsan karena tak kuasa menahan emosi.

Akibatnya, guru terpaksa mengangkat siswa yang pingsan tersebut masuk ke dalam ruangan. Selain itu, sejumlah siswa yang terus menangis histeris juga dibawa ke dalam ruangan untuk ditenangkan. Mereka mengaku tak percaya dengan hasil pengumuman yang menyatakan dirinya tidak lulus.

“Saya tidak percaya dengan hasil kelulusan ini,” kata seorang siswi, Ika, Sabtu (1/6/2013).

Sejumlah guru yang melihat siswanya tidak lulus juga tdak dapat menahan tangis. Menurut guru, siswa yang tidak lulus tersebut bukan karena malas dan bodoh. Sambil terisak, guru tersebut berusaha menenangkan dan memberi motivasi siswanya agar jangan berkecil hati dengan hasil ujian tersebut.

Sementara siswa yang dinyatakan lulus, meluapkan kegembiraan dengan konvoi keliling kota.