Tidak Dimanfaatkan, Balai Desa Terbengkalai

balai desa rusakBINGIN KUNING, BE – Meskipun sejak tahun 2010 lalu bangunan balai desa di Desa Talang Liak I Kecamatan Bingin Kuning sudah didirikan, namun hingga saat ini gedung tersebut belum difungsikan optimal oleh perangkat desa tersebut. Akibatnya, bangunan yang memang belum selesai itu terbengkalai bahkan saat ini kondisi sudah hancur dan nyaris roboh.

Salah satu warga Desa Talang Liak, Ujang Bingung (40), yang ditemui wartawan kemarin mengatakan, warga sudah sering menyampaikan kepada pihak desa agar balai desa tersebut dimanfaatkan seoptimalnya. “Tapi paling tidak kan bisa dimanfaatkan terlebih dahulu, ketimbang sering jadi sarang kambing. Apalagi kondisinya saat ini semakin memprihatinkan dan hampir roboh. Selain bangunannya semakin hancur, terkadang kalau malam sering jadi tempat mojok alias pacaran. Mestinya dimanfaatkan saja sembari menunggu ada rehab dari Pemda Lebong,” kata Ujang.

Dia juga berharap ada gerakan hati Pemkab Lebong untuk segera melakukan rehab terhadap balai desa mereka. Apalagi selama ini untuk rapat dan kegiatan perangkat desa lainnya terkadang harus dilakukan di masjid desa. “Kalau balai desa tersebut sudah dioptimalkan, rapat dan semacamnya yang dilakukan perangkat desa tidak lagi perlu menggunakan masjid. Mudah-mudahan saja keluhan warga ini ┬ábisa didengar oleh Pemda Lebong,” pungkas Ujang.(***)