Tetapkan 271 DCT

KPU Pleno DCT (1)
DONI/Bengkulu Ekspress
Rapat pleno penetapan DCT Pileg DPRD Kabupaten Kepahiang 2019.

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kepahiang menetapkan 271 Daftar Caleg Tetap (DCT) Pileg serentak 2019 Kabupaten Kepahiang. Total ada 12 Partai Politik (Parpol) yang mengajukan Bacaleg dalam kontestasi perebutan 25 kursi DPRD Kabupaten Kepahiang 17 April 2019 mendatang.

Jumlah DCT sudah disepakati dengan seluruh Parpol pengusung dalam rapat pleno Kamis (20/9) di kantor KPU yang dihadiri langsung pimpinan Parpol ataupun penanggungjawab masing-masing Parpol. “Pleno ini sudah final tidak bisa diubah, kecuali adanya gugatan,” ujar Komisioner KPU Kepahiang, Ikrok didampingi Ketua KPU Mirzan Pranoto Hidayat SSos, dan Supran Efendi, kemarin.

Ikrok mengatakan, sebelumnya pasca pengumuman Daftar Caleg Sementara (DCS) KPU mendapatkan tanggan dan masyarakat dari masyarakat sebanyak 23 pengaduan. Komisioner dan jajaran langsung melakukan tindakan klarifikasi atas tanggapan masyarakat sehingga akhirnya memutuskan adanya 3 Bacaleg yang tidak memenuhi syarat sehingga dinyatakan TMS. “Sebenarnya yang TMS awalnya ada 5 berdasarkan tanggapan dari masyarakat, tetapi setelah dilaksanakan klarifikasi hasilnya ada tiga yang TMS dan dicoret,” ucapnya.

Kelimanya ialah Elsa Nopiana Gerindra Dapil Kepahiang 1 tercatat sebagai pegawai Sekretariat Dewan (Sekwan) Kepahiang. Dalam prosesnya Elsa menyatakan mengundurkan diri, sehingga tak dapat lolos ketahap selanjutnya, politisi Gerindra tersebut tidak dapat diganti karena posisinya tidak mempengaruhi kuota perempuan. Kemudian ada Iwan Taryando (Gerindra) juga menjadi pegawai Bagian Umum Setda tidak dapat diganti karena yang bersangkutan mengundurkan diri.

Lalu ada Saiful (PKS) bisa diganti tanggapan masukan masyarakat bisa diganti Nobi Ashari PKS sama halnya dengan Yunita Parawati Golkar pendamping desa diganti Rahayu Andriani terakhir Afrizal Yulinda Berkarya Kepahiang 2 mengundurkan diri tidak mempengaruhi perwakilan perempuan jadi tidak bisa diganti.  “Dalam DCT tidak ada perbaikan, kalau ada gugatan SK DCT. Upaya lain bisa dilakukan dengan aturan yang berlaku. Total ada 165 Caleg laki-laki, 106 Caleg perempuan,” tuturnya. (320)