Tetap Berbagi Dimasa Pandemi, SBC Salurkan Bantuan dan Edukasi Prokes ke Panti Asuhan

FOTO/ IST- Penyerahan bantuan sosial SBC Bengkulu dan Lampung kepada pihak panti asuhan Raudhatul Ummah Kota Manna, Minggu (13/06).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Meski masih menghadapi masa sulit akibat terdampak pandemi Covid-19, namun bukan berarti terhalang untuk berbuat baik dengan berbagi bersama. Seperti yang dilakukan komunitas otomotif Suzuki Baleno Community (SBC) Chapter Bengkulu dan Lampung yang melakukan kegiatan bakti sosial dengan menyalurkan bantuan sembako ke panti asuhan Raudhatul Ummah di Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan, Minggu (13/06).

Dalam kegiatan bertema ‘Tetap Berbagi di Masa Pandemi’ tersebut, komunitas berjargon ‘Solidaritas Tanpa Batas’ ini juga memberikan materi edukasi tentang adaptasi kebiasaan baru dengan membiasakan pola hidup sehat penerapan protokol kesehatan (Prokes) kepada puluhan anak panti asuhan. Muatan tersebut dinilai penting diajarkan sejak dini agar bisa menjadi kebiasaan sehari-hari dengan maksud meminimalisir terpapar Covid-19 yang rentan terhadap anak-anak.

Ketua Umum SBC Nasional, Sabar Ardiansyah yang juga turut menghadiri kegiatan sosial tersebut mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan mulia yang diinisiasi oleh SBC Bengkulu tersebut. Menurutnya, kegiatan peduli sesama seperti ini wajib masuk agenda di kegiatan SBC seluruh chapter di Indonesia.

” Saya pribadi sangat mengapresiasi kegiatan sosial dan kemanusiaan yang diadakan oleh SBC Bengkulu dan ada Lampung juga seperti ini. Jadi di komunitas mobil itu bukan hanya diisi dengan kumpul-kumpul atau kopdar saja, tapi juga di perbanyak kegiatan sosial yang bermuatan positif bagi member dan seluruh elemen masyarakat di lingkungan sekitar,” jelasnya.

Untuk diketahui, komunitas mobil Baleno yang dikukuhkan pada 10 Januari 2021 ini terbentuk dari gagasan 3 wilayah Sumatera yakni Bengkulu, Lampung dan Lubuk Linggau Sumatera Selatan. Tak hanya sekedar alasan sebagai pecinta mobil Baleno, keanggotaan di SBC diperkuat dengan asas kekeluargaan walaupun tanpa harus memiliki unit mobil.

Sementara itu, Ketua SBC Chapter Bengkulu Seprian Yogianto melalui Wakil Ketua Aritama menjelaskan memang di setiap kegiatan kopdar SBC selalu didampingi dengan kegiatan sosial. Selain bisa mempererat silahturahmi sesama member, juga bisa memberi manfaat kepada orang lain.

” Jadi di setiap kegiatan yang kita buat, kita juga harus berperan aktif membantu sesama. Apalagi di masa pandemi ini, kegiatan seperti ini kami nilai paling tidak bisa bermanfaat bagi sesama. Meskipun nilainya tak seberapa, semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi adik-adik panti asuhan Raudhatul Ummah,” kata Aritama.

Bantuan yang disalurkan berupa sembako, pakaian layak pakai, peralatan sekolah, masker, dan uang tunai yang dihimpun dari sumbangan sukarela member SBC Bengkulu. Para member pun mengaku merasa senang bisa berbagi apalagi dilakukan secara berkelompok yang bisa menambah nilai kekompakan dan menuai amal baik.

Pihak pengurus panti asuhan Raudhatul Ummah, Nanang Budiana pun merasa sangat bahagia bisa dikunjungi oleh komunitas yang memiliki jiwa sosial tinggi seperti SBC. Apalagi didatangi secara tiba-tiba meskipun pihaknya sendiri awalnya tak terlalu mengenal komunitas SBC.

“Saya punya anggapan positif terhadap SBC, sesuatu komunitas yang punya visi misi sosial tinggi. Karena terus terang posisi jaman sekarang ini, visi misi menyatukan masyarakat maupun NKRI melalui kegiatan sosial sangat cocok dilakukan. Suatu komunitas yang mengedepankan kegiatan sosial, itu sangat bagus. Kami dari pihak Raudhatul Ummah sangat berterimakasih atas kepedulian yang ditujukan ke kami. Harapan saya SBC kedepan bisa terus meningkatkan kegiatan-kegiatan sosial, hingga di tingkat nasional,” ungkapnya. (Imn)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*