Tes Tertulis Panwascam, 15 Orang Gugur

11350168_902061796499816_1854719420_nARGAMAKMUR, BE – Tes ujian tertulis calon anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam) digelar Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) di aula Universitas Ratu Samban (Unras), Rabu (27/5) sekitar pukul 14.00 WIB. Tidak semua peserta panwascam menghadiri tes ujian tertulis ini, dari 236 peserta yang dijadwalkan hanya 221 peserta yang datang mengikuti ujian tes tertulis ini. Dengan demikian, sebanyak 15 orang peserta dinyatakan tidak lulus dalam tahap kedua seleksi perekrutan Panwascam ini.

“Dalam tes tertulis ini tidak datang semua, dari 236 peserta yang dijadwalkan ikut, yang datang 221 orang. Dengan demikian yang tidak hadir sekitar 15 orang kami nyatakan otomatis tidak lulus,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten BU, Bejo SPt.

Selain tidak datangnya calon peserta Panwascam, soal untuk tes tertulis juga kurang. Soal yang dibawa langsung Banwaslu Provinsi Bengkulu berjumlah 236. Namun saat dibagikan, 10 peserta tidak mendapat jatah soal. Menyiasati permasalahan ini, Panwaslu langsung menggandakan soal yang kurang itu. Setelah sebelumnya Panwaslu meminta persetujuan dari Banwaslu untuk menggandakan soal agar mencukupi semua peserta.

“Memang benar adanya kekurangan soal itu, sekitar 10 peserta yang tidak mendapat lembar soal. Namun kami bertindak cepat dengan menggndakan soal itu, kami sebelumnya sudah meminta persetujuan perwakilan dari Banwaslu Provinsi untuk menggandakan soal ini, mereka menyetujuinya,” imbuh Bejo. Dikatakan Bejo lagi, pihaknya sama sekali tidak mengetahui berapa jumlah soal yang dibawa Banwaslu. Karena begitu tes dimulai, kotak soal baru dibuka, dan diketahui jumlah lembaran soal tidak sesuai dengan yang tertera pada kebutuhan calon peserta Panwascam yang mengikuti tes. Saat kotak dibuka, terdapat 206 soal yang ada didalam kotak, dan 5 lembaran soal memang dikhususkan untuk cadangan.

Pantauan BE, tes tertulis berlangsung selama 2 jam, dimulai pukul 14.00 dan selesai pukul 16.00 WIB. Hal ini dilakukan berdasarkan aturan, tahapan dan proses. Pihaknya akan mengambil 6 orang setiap kecamatan, hingga dari 17 kecamatan akan terkumpul sebanyak 95 orang yang akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni tes wawancara yang dilakukan tanggal 29 Mei sampai 2 Juni mendatang.(167)