Tes Psikologi Bagi Pemohon SIM

TAIS, bengkuluekspress.com – Angka kecelakaan berlalu lintas yang menyebabkan meninggal dunia (MD) di jalan meningkat drastis. Sebagian besar korbannya adalah pengendara di usia produktif. Sehingga, ke depan bulan Februari, Sat Lantas Polres Seluma akan memberlakukan tes psikologi bagi pemohon SIM.

“Meningkatnya angka lama lantas ini juga di sebabkan kondisi jalan yang belum sepenuhnya mendukung berkendara yang berkeselamatan. Dan masih banyaknya lobang dan di badan jalan sepanjang jalan di Seluma ini,” tegas Kapolres Seluma AKBP Swittanto Prasetyo SIK melalui kasat lantas Iptu Jangkung SH kepada wartawan.

Data berhasil di himpun, jika pada triwulan ke TW IV 2020 meningkat dibanding TW IV 2019 Total kasus tahun 2020 (26 kasus lakalantas sedangkan di tahun 2019 sebanyak (19 kasus). Sedangkan
Total korban MD 2020 sebanyak 11 orang sedangkan di tahun 2019 hanya 6 orang.

Dijelaskan dengan memberlakukan tes psikologi bagi pemohon SIM segala golongan sehingga diharapkan pengendara nantinya benar-benar seorang pengendara yang sehat baik jasmani maupun rohani sesuai dengan amanat UU no 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan angkutan jalan.

“Harapannya cuma satu agar pengguna jalan memang orang dan mereka yang benar benar kompeten dan sehat jasmani dan rohani,”imbuhnya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*