Tes Panwascam di SMAN 5

ERICK/BE
DAFTAR : para pelamar Panwascam Lebong yang sebelumnya telah mendaftar secara online.

Lebong, bengkuluekspress.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebong menggandeng Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Lebong. Tujuannya, untuk melaksanakan tes tertulis secara online dalam perekrutan anggota Panita Pengawas Kecamatan (Panwascam). Pelamar Panwascam sebanyak 243 pelamar, terdiri dari 177 laki-laki dan 66 perempuan yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Lebong.

Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong, Jefryanto SP mengatakan, untuk perekrutan anggota Panwascam akan menggunakan sistem online. Tujuannya, agar dalam perekrutan Panwascam diketahui Bawaslu pusat.

“Untuk perekrutan sendiri dilaksanakan di seluruh Indonesia yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 mendatang,” jelasnya, kemarin (08/12).

Menurut Jefryanto, pihaknya saat ini sedang melakukan verifikasi administrasi, untuk mengetahui apakah berkas yang sebelumnya telah diserahkan para pelamar memenuhi syarat atau tidak. “Hasilnya nanti akan kita umumkan pada tanggal 12 Desember,” sampainya.

Setelah itu, sambungnya, barulah para pelamar yang dinyatakan lolos administrasi akan mengikuti tes tertulis secara online. Karena dalam melaksankan tes secara onile, Bawaslu masih banyak mengalami kekurangan, seperti PC atau computer serta fasilitas yang lainnya. “Untuk itulah kita telah mencari sekolah yang selama ini telah menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam mencari sekolah yang menjadi rekanan, pihaknya melakukan survei untuk mengecek sarana dan prasarana, seperti kapasitas internet, jumlah PC, ruang untuk melaksanakan tes, sarana parkir serta sarana lainnya yang akan dibutuhkan selama pelaksanaan tes. “Beberapa sekolah telah kita lakukan survei dan jika tidak ada kendala kita akan bekerjasama dengan SMAN 5 Lebong,” tutupnya.(614)