Tes Cpns Usai Asian Games

large-test-cpns
Foto ; IST

Gotri: Pemprov Sudah Siap

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) mundur dari jadwal semula, Juli-Agustus 2018. Informasi terakhir, proses rekruitmen dibuka setelah penyelenggaraan Asian Games 2018, atau September mendatang.

Menyusul Menteri PAN-RB, Syafruddin, yang menjabat chief de mission Asian Games masih fokus perhelatan tersebut. “Tapi kita harapkan setelah Asian Games bisa diumumkan,” ungkap Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HUKIP) KemenPAN-RB Mudzakir.

Diakuinya, saat ini KemenPAN-RB masih melakukan proses validasi usulan-usulan formasi yang masuk dari pemerintah daerah hingga pusat. Tujuannya agar formasi yang ditawarkan benar-benar sesuai kebutuhan.

Selain itu, agar daerah yang belanja pegawainya lebih dari 50 persen dalam APBD, tidak asal menerima pelamar. “Aturannya di bawah 50 persen (belanja pegawai), tetap berlaku. Proses validasi masih kami lakukan supaya formasi yang dikeluarkan benar-benar sesuai kebutuhan dan kemampuan anggaran,” lanjutnya.

Dikatakan, pihaknya masih menghitung detail berapa kebutuhan CPNS. Jangan sampai ada lowongan yang dibuka, namun daerah tersebut tidak benar-benar membutuhkan formasi itu. “Misalnya formasi tenaga kesehatan berapa yang diperlukan di puskesmas di kecamatan tertentu, sampai sedetail itu kita validasi usulan,” jelasnya.

Kata Mudzakir, ada hal lain yang cukup menggembirakan. Pemerintah akan menyiapkan formasi khusus bagi atlet berprestasi di Asian Games. Apalagi dalam Asian Games ini, sudah ada atlet merebut medali emas. “Prestasi ini akan diapresiasi dengan menyiapkan formasi khusus bagi atlet berprestasi internasional,” jelasnya.

Disis lain, merujuk Peraturan Pemerintah Nomor 11/2017 tentang Manajemen PNS, di pasal 22 ayat 2 disebutkan pengumuman perekrutan itu dilaksanakan paling singkat 15 (lima belas) hari kalender sebelum dibukanya pendaftaran. Maka jika penerimaan CPNS itu dilakukan, kemungkinan akan digelar pada bulan September mendatang.

“Sampai sekarang kita belum terima pengumuman rencana perekrutan CPNS itu,” terang Asisten III Setdaprov Bengkulu, H Gotri Suyanto, kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (24/8).

Dikatakannya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu sudah siap, jika kapanpun penyelenggaran CPNS itu dibuka. Karena memang persiapannya sudah sejak lama dilakukan. Baik berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) maupun hal teknis lainnya. “Insyallah kita siap,” tambahnya.

Dengan belum diumumkan itu, maka pemprov tetap akan menunggu petunjuk lebih lanjut terkait hal tersebut. Mengingat kondisi saat ini, MenPANRB juga mengalami penggantian dari Asman Abnur diganti dengan Syafruddin.

Diyakini Syafruddin belum akan fokus untuk menggelar prekrutan CPNS, sebab Syafruddin ditunjuk sebagai Ketua Kontingen atau Chef de Mission (CdM) pada Asian Games 2018. Meski demikian, Gotri menyakini prekrutan CPNS itu tetap akan digelar pada tahun 2018 ini. “Kita tunggu dulu petunjuk selanjutnya seperti apa,” tegas Gorti.

Dijelaskannya, bukan hanya kapan pengumuman akan dilakukan. Untuk kuota CPNS di Bengkulu juga belum diberikan atau disetujui. Kondisi itu tidak hanya terjadi di Bengkulu, tapi diseluruh daerah yang ada di Indonesia.

Dalam usulannya, pemprov telah mengusulkan kuota sebanyak 637 CPNS. Formasi terbanyak diusulkan yaitu tenaga pendidik atau guru, dengan total 591 CPNS. Sisanya sebanyak 46 CPNS untuk formasi tenaga kesehatan, seperti dokter spesialis dan perawat. “Nanti kalau digelar pasti akan diumumkan,” paparnya.



Sebelum ada pengumuman resmi, Gotri meminta masyarakat untuk tetap bersabar dan menunggu informasi resmi dari pemerintah. Masyarakat juga diminta untuk tidak mempercayai hal-hal yang belum pasti. Disamping itu, masyarakat juga jangan sampai terjebak kepada oknum siapapun yang mengklaim bisa meloloskan tes CPNS. Sebab, tes tersebut dilakukan murni secara CAT dan sistemnya langsung dan transparan.

“Jangan percaya hal-hal seperti itu. Tunggu resmi dari pemerintah dan kita minta bersabar. Jikapun diumumkan lebih cepat, maka itu lebih baik,” pungkas Gotri.(151/jpg)