PNS sudah 6000, BU Tidak Bisa Gelar Tes CPNS di 2013

ARGA MAKMUR, BE – Tes CPNS yang dinanti-nanti para pencari kerja akhirnya sudah bisa diketahui. Pasalnya ditahun 2011 dan 2012 Kabupaten Bengkulu Utara tidak melaksanakan pembukaan tes CPNS, dan di tahun 2013 mendatang kembali terancam tak ada pelaksanaan tes CPNS yang disebabkan belanja pegawai over target yang mencapai 50% dari jumlah APBD setiap tahunnya.
Dullah SE selaku Kepala BKPPD, Dullah SE menjelaskan bahwa jumlah PNS saat ini mencapai enam ribuan sehingga beban belanja mencapai 50% sedangkan salah satu syarat untuk pengajuan tes CPNS adalah beban belanja pegawai harus dibawah 50%. “Kita memang masih kurang tenaga di pendidikan dan kesehatan. Pemerintah daerah sudah mengusahakan tapi itulah penghambatnya beban belanja pegawai kita kelebihan,” beber Dullah.
Terancamnya pelaksanaan tes CPNS tersebut, diharapkan masyarakat bersabar karena upaya yang dilakukan sudah maksimal.  Pengajuan 3.500 kuota PNS baru yang dilakukan tidak membuahkan hasil di tingkat pusat. Hal tersebut akan menjadi evaluasi untuk selanjutnya karena untuk menuhi kebutuhan tenaga pendidikan dan kesehatan harus segera terpenuhi mengingat dua formasi itu sangat dibutuhkan. “Ya kita tunggu saja, meski tahun 2013 tidak ada, kan masih ada tahap selanjutnya tetap akan diupayakan,” pungkas Dullah (117)