Tes CPNS di Benteng Diprediksi Dimulai Pertengahan Tahun

Kepala BKPSDM Benteng, Apileslipi SKom MSi

BENTENG,bengkuluekspress.com– Jika tak ada halangan, tahapan rekrutmen atau seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2021 ini akan dimulai pada pertengahan tahun. Meski begitu, sampai saat ini belum ada petunjuk resmi dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian PAN dan RB RI tentang teknis penerimaan CPNS.
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Benteng, Apileslipi SKom MSi menuturkan, pihaknya sudah mengajukan usulan sebanyak 300 kuota CPNS.
“Usulan sudah disampaikan pada akhir tahun lalu,” kata Apileslipi.

Meski tak dijelaskan secara gamblang mengenai rincian kuota, Apileslipi mengatakan, kuota terbagi menjadi 3 kelompok. Yaitu, tenaga teknis, tenaga kesehatan dan tenaga guru. Khusus tenaga guru atau pendidik, tambahnya, diperoleh informasi bahwa tenaga guru direkrut melalui jalur P3K. Untuk jumlahnya, sepertiga dari total kuota yang diajukan.
“Tata cara dan syarat P3K masih menunggu informasi dari Pemerintah Pusat,” tambahnya.

Dari banyaknya formasi yang diajukan, Apileslipi menuturkan, bahwa tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan masih mendominasi.
Sebab, banyak tenaga pendidikan di Kabupaten Benteng yang memasuki usia pensiun ditahun 2021 dan 2022. Selain itu, dari tenaga kesehatan, tenaga dokter spesialis masih sangat dibutuhkan.
“Yang tidak kami usulkan adalah tenaga medis formasi kebidanan. Alasannya, jumlah bidan PNS di Kabupaten Benteng sudah mencukupi,” tegas Apiles.(135)