Tes CPNS Belum Layak CAT

cpns-2014TUBEI, BE – Meskipun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) telah menerbitkan surat edaran bahwa seluruh daerah di Indonesia mesti menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) pada perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Namun, sepertinya Kabupaten Lebong masih bakal memakai Lembar Jawaban Komputer (LJK) pada saat tes CPNS tahun ini. Penggunaan sistem CAT terkendala dengan belum adanya perangkat komputer untuk menerapkan sistem CAT tersebut. Faktor geografis di kawasan perkantoran Tubei juga mempengaruhinya, koneksi internet di daerah ini sering macet.
Hal ini diakui oleh Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lebong H Guntur SSos. “Walaupun mungkin perangkat dari CAT itu sendiri memungkinkan untuk penerimaan sinyal yang lebih kuat. Tapi, kalau melihat kondisi geografis kita, saya sendiri meragukan soal sinyal untuk koneksi internet. Sementara perangkat komputer untuk sistem CAT tentu harus didukung dengan kekuatan sinyal yang bagus dan stabil. Kita disini (di Tubei,red) sinyal handphone saja lemah,” ungkap Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lebong H GunturSSos.
Dijelaskannya, pelaksanaan tes CPNS yang serentak diseluruh daerah dalam Provinsi Bengkulu, juga dipastikan menjadi faktor penghambat jika Pemkab Lebong berinisiatif untuk menyewa perangkat komputer di Universitas Bengkulu (Unib).
“Kalau hari pelaksanaan tes berbeda, tentu masing-masing daerah yang belum memiliki perangkat komputer bisa bergantian menyewa. Tapi kalau serentak, apa bisa. Kan sulit juga,” jelasnya.
Meski demikian, Guntur mengakui pemerintah pusat mengharuskan seluruh daerah menerapkan sistem CAT, mau tidak mau Pemkab Lebong juga harus mencari cara untuk menyewa perangkat komputer. “Jadi, memang belum memungkinkan bagi kita untuk menerapkan sistem CAT. Tapi, lagi-lagi kembali pada kebijakan pemerintah pusat. Kita di daerah akan mematuhi. Kalau memang harus pakai CAT, kita tentu harus mencari cara agar perekrutan CPNS di Lebong menggunakan sistem CAT,” pungkasnya.(777)